TMMD  

Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0804/Magetan Ajak Warga Poncol Lestarikan Hutan

Magetan – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di wilayah Kodim 0804/Magetan bukan hanya pembangunan sasaran fisik saja akan tetapi sasaran non fisik seperti kegiatan penyuluhan pelestarian kehutanan bagi masyarakat desa Poncol Kec. Poncol Kab. Magetan. Kamis(21/3/2019)

Penyuluhan pelestarian kehutanan tersebut merupakan salah satu kegiatan non fisik Program TMMD ke 104 di wilayah Kodim 0804/Magetan, Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0804/Magetan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Magetan memberikan penyuluhan kepada masyarakat Poncol guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. ” ungkap Dansatgas TMMD ke-104 Letkol Letkol Czi Choman Jumei Arisandy, SE”

Menurutnya , penyuluhan ini penting karena letak gografis Desa Poncol yang sebagian besar berupa perbukitan dan sangat rawan bahaya longsor. Sehingga perlu menggugah semangat masyarakat Desa Poncol untuk melestarikan alam, menanami lahan mereka dengan tanaman yang dapat mencegah bahaya longsor seperti sengon maupun tanaman produktif lainnya seperti durian, apokat maupun pete yang mempunyai nilai ekonomis.

Tim penyuluh dari Dinas kehutanan Kab Magetan Nova Zuhria Amana Sp. Mp. menjelaskan fungsi hutan terutama untuk mencegah banjir dan longsor serta sebagai tempat untuk menyimpan cadangan air. Ia berharap penyuluhan ini bermanfaat bagi masyarakat terutama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan hutan demi kemakmuran dan untuk kelangsungan hidup generasi di masa yang akan datang.