TMMD  

Satgas TMMD Pemalang Dukung Lomba Balita Sehat

Pemalang – Dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara maksimal, Puskesmas Jatiroyom Kecamatan Bodeh menggelar Lomba Balita Sehat yang bertajuk Evaluasi Balita Sehat Wilayah Puskesmas Jatiroyom. Sabtu (23/3/2019).

Dibenarkan Bidan Desa Jatiroyom, Ita Andriani (33) bahwa, kegiatan tersebut juga sebagai langkah meningkatkan kualitas kesehatan Sumber Daya Manusia (SDM), menekan stunting dengan meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Jatiroyom.

“Peserta lomba ada sekitar 16 Balita dari berbagai dusun di wilayah kerja Puskesmas Jatiroyom, dengan kategori usia 6 sampai 24 bulan serta 25 sampai 60 bulan,” jelasnya Bidan sekaligus panitia.

Aspek penilaian selanjutnya adalah keadaan orang tua Balita yang meliputi pendidikan, umur, alat kontrasepsi yang digunakan ibu, kelengkapan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kartu Menuju Sehat (KMS), status kesehatan gigi dan umum, tingkat perkembangan psikologi, serta motorik Balita.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu, termasuk Pak Babinsa Jatiroyom, Serda Waluyo dan Bapak-bapak TNI yang sedang membangun desa serta Kasi Pemerintahan Desa, Pak Adi Sumitro, karena telah membantu merapikan tempat sebelumnya,” imbuhnya.

Adapun hasil juara disabet Balita dari desa tetangga Jatiroyom. Untuk kelompok umur 6-24 bulan adalah Sheena Arkeasha Ramadhani Kholistio asal Desa Parunggalih, sementara untuk kategori umur 2-5 tahun dimenangkan Nadhifa Almira Azzahra dari Desa kesesirejo. Selanjutnya mereka akan maju ke tingkat Puskesmas Eks Kawedanan Comal. (Aan Pendim Pemalang).