TMMD  

Tanggapan Wong Kota Pemalang : TMMD Jatiroyom Mengurangi Urbanisasi

Pemalang – Ketimpangan antara desa dengan kota penting untuk segera diatasi, inilah pemicu meningkatnya urbanisasi. Hal ini diungkapkan Serda Jujun (tampak foto kanan), anggota TNI-AU Satuan Radar 214 Tegal, warga Perumahan Grand Lestari Agung Desa/Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

“Saya sangat mendukung upaya Pemerintah Daerah bersinergi dengan TNI Kodim 0711 Pemalang untuk membangun infrastruktur di Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh, guna mempersingkat waktu dan memperpendek jarak daerah terpencil,” ungkapnya di depan Bengkel Sepeda Motor Kaligawe Jalan Jenderal Sudirman No. 65 Kecamatan/Kabupaten Pemalang, Minggu (10/3/2019).

Lebih lanjut, dalam meratakan pembangunan, Pemkab menghadapi sejumlah tantangan terutama dalam aspek medan, jika dipaksakan ditangani sendiri tentunya akan mengucurkan APBD diluar ekspektasi. Dengan kolaborasi melalui program TNI dengan TMMD Reguler 104 Pemalang, diharapkan ekonomi masyarakat Jatiroyom dapat segera bergulir sehingga taraf hidup warganya pun terdongkrak. Walaupun program TMMD hanya 30 hari, namun sinergitas dinas-dinas terkait, seluruh elemen serta masyarakat objek pembangunan itu sendiri diharapkan Pemerintah menentukan kualitas hasil.

“Saya tidak sependapat bahwa menjadi petani merupakan kemunduran (involusi), sekarang banyak sarjana pertanian yang pulang ke desa mengembangkan ilmunya dengan teknologi dan kelembagaan modern. Disinilah lapangan pekerjaan baru tercipta,” tambahnya.

Sependapat, Syam (40) kiri foto, tetangga blok Serda Jujun, bahwa Kehidupan perekonomian kota tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada pasokan tenaga atau barang dari desa, begitu juga sebaliknya. Sehingga pembangunan akses akan menjembatani kesejahteraan yang lebih baik untuk mengurangi urbanisasi.

Untuk itulah TMMD menjawabnya untuk sedikit banyak meminimalisir perbedaan tersebut. Selain sarana umum yang dibangun (fisik), non fisik juga dibangun melalui edukasi berupa sosialisasi/penyuluhan guna meningkatkan lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM), kelembagaan, budaya, sikap dan motivasi. (Aan Pendim Pemalang).