TMMD  

Kendala dan Solusi Terlambatnya Material Batu TMMD Reguler Pemalang

Pemalang – “TMMD Tak Kenal Libur” Puluhan anggota Satgas TMMD Reguler 104 Pemalang bersama masyarakat Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh, melakukan pencarian batu gunung di wilayah Hutan Perhutani RPH Kaliwadas KPH Pemalang atau di sekitar Telford TMMD sepanjang 805 meter.

Dibenarkan Koptu Kuswoyo (38) anggota Satgas TMMD asal Yonif 407/PK Kabupaten Tegal, upaya ini perlu dilakukan tersendatnya pasokan material batu untuk pengerasan jalan, pembuatan talud di 3 titik dengan total panjang 164 meter, Jembatan Limpas sepanjang 20 x 3,5 meter di atas Kali Bacin Bukit Maribaya, pemasangan bronjong titik 1 (150 meter dari nol Makadam) panjang 28 meter ketinggian 5 meter serta bronjong kawat 2 sepanjang 20 meter ketinggian 6 meter di titik 200 meter dari nol Makadam/Telford. Minggu (10/3/2019).

“TMMD di Jatiroyom tantangannya adalah cuaca, keterlambatan material TMMD disebabkan akses menuju Makadam rusak lagi setelah diguyur hujan semalam. Inilah yang kami lakukan untuk mengatasi masalah batu, para pekerja tidak boleh menunggu lama sambil merokok,” ucap Kopral.

Batu yang terkumpul, akan digelindingkan ke bawah langsung di pinggir Telford, sedangkan untuk mendorong ke lokasi-lokasi tersebut menggunakan gerobak yang ditarik TR-4 (Traktor Roda Empat) milik Kodim 0711 Pemalang atau secara langsir estafet untuk jarak yang dekat.

Senada juga disampaikan Serda Rozy, anggota Satgas TMMD dari Koramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang bahwa, untuk di lokasi pembangunan talud (petak 105 Perhutani RPH Kaliwadas), masyarakat bersama TNI melakukan pencarian di kali terdekat yaitu Kali Maribaya di wilayah Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh, desa yang akan segera terkoneksi dengan Jatiroyom 4 kilometer 10-15 menit. (Aan Pendim Pemalang).