TMMD  

Jamban keluarga buat Samsuri di Dusun Galung

Satgas TMMD ke-104 di Desa Tungka Kec. Enrekang membuat jamban di rumah warga. Pembuatan jamban dilakukan sekitar 6 personil per sasaran yang dikerjakan.

Dibuatnya jamban tersebut selain digunakan untuk warga kurang mampu, jamban juga untuk dipergunakan para personil melakukan BAB. Selama ini Buang Air Besar (BAB) yang di lakukan warga, masih ada yang di kebun atau memanfaatkan aliran sungai. “Jamban keluarga ini di buat, agar warga desa dapat merubah pola hidup sehat,” ujar Pasiter Kodim 1419/Enekang Kapten Inf Laode Yijo.

Samsuri (52) adalah salah satu warga Dusun Galung Desa Tungka yang kebagian pembuatan jamban di rumahnya. “Biasanya saya kalau ke belakang selalu ke sungai, mau numpang tetangga tapi malu,” ujarnya. “Alhamdulillah, sekarang saya sudah dibikinkan jamban, Terima kasih pak,” ujarnya berseri.

Danki Satgas TMMD, Kapten Czi Rose, menjelaskan bahwa “Para prajurit tersebut bergotong royong membuat 20 unit jamban sehat bagi warga yang tidak mampu, sebagai bentuk kepedulian Satgas TMMD terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan Desa Tungka,” kata Kapt Rose. “Diharapkan pembuatan jamban sehat tersebut dapat memotivasi masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat, dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.