TMMD  

Kasiter Korem Wijayakusuma : Pentingnya Type Of Shot dan Angle Gambar

Pemalang – Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, SE, terlihat memberikan pengarahan kepada Tim Jurnalistik Kodim 0711 Pemalang tentang cara pengambilan dokumentasi seluruh kegiatan dan aspek-aspek TMMD TMMD Reguler 104 Pemalang.

Dalam kunjungannya kali ini, Sapto Broto juga mengecek dokumentasi publikasi yang telah dilaksanakan di Posko TMMD yang terletak di Kantor Balai Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh.

Disampaikannya bahwa, “Secara umum yang perlu diperhatikan adalah tentang type of shot atau teknik pengambilan gambar dan angle. Jadi walaupun bukan fotografer asli dan kebanyakan menggunakan ponsel, setidaknya memenuhi kriteria jurnalistik,” ucapnya.

Dibeberkan global oleh Kasiter, bahwa yang dimaksud type of shot yaitu memilih luas area frame pada objek. Ia menekankan tentang long shot, medium shot dan close up, sedangkan untuk sudut pengambilan gambar/angle antara lain eye level/normal angle, the bird’s eye view (ketinggian), high angle serta low angle (kamera lebih rendah daripada objek).

“Namun yang terpenting adalah jangan sampai mengambil foto vertikal, harus landscape atau mendatar,” tegasnya.

Ditambahkannya, ini semua demi menopang rekan-rekan media yang membantu mempublikasikan kegiatan TMMD di Jatiroyom serta mempertahankan juara Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler 103 yang sebelumnya berhasil diraih Korem 071 Wijayakusuma melalui Kodim 0736 Batang. (Aan Pendim Pemalang)