TMMD  

Pemasangan Bronjong Titik II di Jatiroyom Pemalang Dipantau Inspektorat TNI

Pemalang – Lokasi pemasangan bronjong kawat 2 di titik 200 meter sepanjang 20 meter dan tinggi 6 meter, juga tak terlepas dari pengawasan Tim dari Inspektorat Kodam IV Diponegoro yang diketuai oleh Kolonel Inf. Ignatius Wiwoho, S.I.P. Senin (11/3/2019).

Bronjong akan menahan tebing jalan Makadam sepanjang 805 meter lebar 2,5 meter di titik 200 meter dari nol Telford/Makadam TMMD. Terlihat puluhan pekerja baik dari TNI dan masyarakat Jatiroyom dan Parunggalih bergotong royong langsir batu dan menatanya kedalam kawat.

Pekerjaan di pos ini sekarang akan menjadi lebih ringan karena armada pengangkut sudah mulai berhasil naik ke lokasi walaupun masih harus ditarik dengan Traktor Roda Empat (TR-4) Kodim 0711 Pemalang.

Ditekankan Ketua Tim Asistensi, Kolonel Ignatius Wiwoho bahwa, pemasangan kawat bronjong guna mencegah erosi dan abrasi pada ruas jalan yang sedang diperkeras dengan potensi longsor. Penataan batu yang dimasukkan kedalam bronjong juga harus rapi, jangan sampai ada celah sehingga akan menimbulkan kelonggaran dan membuat kawat bronjong tidak kuat/kokoh.

Sementara progresnya sampai dengan hari ke-14 pelaksanaan TMMD Reguler 104 Pemalang di Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh ini (siang), telah terealisasi 20 %. Sementara pemasangan di bronjong 1 di titik 150 meter dari nol Makadam (panjang 28 meter x tinggi 5 meter) tercapai hasil 98 % atau tahap finishing yaitu memasukkan tanah ke sela-sela bronjong bahu jalan. (Aan Pendim pemalang).