TMMD  

Sinergi Antara TNI, Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam TMMD 104 Konawe

Kegiatan pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan dan sunatan masal yang diadakan pada TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) 104 di Konawe, menjadi bukti berjalannya sinergi yang baik antar instansi pemerintah, baik di tingkatan pusat maupun daerah.

Pemerintah Pusat, yang diwakili oleh unit Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI (PKK Kemenkes), bergerak bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, dan Detasemen Kesehatan (Denkes) TNI Korem 143 Halu Oleo, dalam kegiatan tersebut.

“Sejak 2015, Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI aktif terlibat kegiatan TMMD dalam bentuk pengobatan gratis dan layanan kesehatan lain. Pada TMMD ini, kami turun di 11 lokasi,” kata Setiorini, SKM, MKM, Kepala Sub Bagian Program Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Hal ini juga diakui oleh Dansatgas TMMD 104 Konawe, Letkol Cpn Fajar LH Wijaya. “Kami sadar, sinergi antar instansi adalah hal yang mutlak untuk menjamin suksesnya acara pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan dan lainnya. TNI tak bisa bekerja sendirian,” katanya.

Kegiatan layanan kesehatan dalam bentuk pengobatan gratis tersebut, diikuti dengan penuh antusias oleh ratusan warga Kecamatan Anggotoa, Konawe, Sulawesi Tenggara, pada Rabu (20/03/2019).