banner 970x250
TMMD  

Kuda Lumping bakal ikut Meriahkan Penutupan TMMD

Ada yang cukup unik dalam acara penutupan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) kali ini, yang bakal digelar besok, Rabu (27/03/2019). Salah satunya, atraksi kesenian Kuda Lumping, yang berasal Jawa Timur.

Atraksi yang akan diperagakan masyarakat asal Jawa di Konawe ini, akan menghibur tamu-tamu undangan sebelum upacara dimulai.

Kuda Lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. Kuda-kudaan yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda, kemudian dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya, lantas digelung atau dikepang. Anyaman kuda ini juga dihias dengan cat dan kain beraneka warna.

“Kita angkat budaya-budaya lokal, kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Konawe terutama Kecamatan Anggotoa, misalnya nanti akan ada pagelaran kuda lumping. Jadi akan disuguhkan kuda lumping kepada para tamu undangan, sambil menunggu persiapan upacara,” ujar Letkol Cpn Fajar LH Wijaya, Dansatgas TMMD 104 Konawe , Senin (25/3/2019).

“Penutupan kegiatan TMMD ini tidak hanya sekedar seremonial penutupan upacara saja, tapi kami ingin memberikan legacy (warisan, peninggalan -Red) kepada masyarakat di Konawe ini, bahwa bersama rakyat, TNI kuat dan akan selalu kuat menjalankan tugas demi bangsa dan negara,” pungkasnya.