TMMD  

Dua Masjid sasaran TMMD Sigi terima bantuan Rp100 juta.

Sigi- Dua Masjid yang masuk sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, tepatnya Desa Bakubakulu dan Dusun Serapi, Desa Bobo, Kecamatan Palolo, menerima bantuan dari kementrian Agama sebesar Rp100 juta satu Mesjid.

“Bantuan dana sebanyak seratus juta ini adalah diberikan oleh Kementerian agama dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa. Jadi perintah dari pimpinan dalam hal ini adalah Mabes TNI melalui Sterad dan Sterkodam, kami diperintahkan untuk mencari sasaran Masjid di lokasi TMMD yang membutuhkan,” kata Komandan Satgas TMMD Sigi, Letnan Kolonel Kav. I Made Maha Yudhiaksa, S.Sos, MM, Sabtu.

Maka dari itu, kata Dandim 1306/Donggala ini, pihaknya mendapatkan dua Masjid di lokasi sasaran TMMD Sigi, yaitu Masjid Al-Fatah Dusun Serapi, Desa Bobo dan Masjid Al-Bayaan di Desa Bakubakulu, Kecamatan Palolo.

“Untuk Kodim 1306/Donggala itu ada dana sebesar Rp400 juta, ada empat titik Masjid yang perlu diberikan bantuan akan tetapi di lokasi TMMD sebanyak dua titik, dan dua titik lagi diprioritaskan untuk Masjid yang terdampak bencana gempa lalu wilayah Palu, Sigi dan Donggala,” katanya.

Ia berharap, Masjid yang menerima bantuan dana seratus juta itu bisa digunakan untuk biaya pembangunan maupun perbaikan, bermanfaat bagi masyarakat sekitar sehingga beribadahnya lebih nyaman dan khusuk.

“Alhamdulilah dengan adanya bantuan ini pembangunan Masjid Al-Bayaan Desa Bakubakulu bisa lancar dan bisa dimanfaatkan untuk umat muslim. Kami berterima kasih kepada pemberi bantuan terutama dari Dandim dengan adanya TMMD di sini merasa bersyukur sehingga pembungan kita bisa berjalan dengan lancar,” kata Alkabir Kahar, ketua panitian pembangunan Masjid Al-Bayaan.

Ia mengatakan, Masjid Al-Bayaan, sudah dibangun selama kurang lebih satu tahun, namun belum selesai dikarenakan terkendala dana yang selama ini hanya berharap dari swadaya masyarakat setempat.

“Jadi dengan adanya bantuan ini pembangunan Masjid Al-Bayaan bisa selesai dan bisa kami manfaat menjelang bulan puasa,” ucapnya.

“Kami bersyukur kepada yang maha kuasa atas bantuan ini. Dengan bantuan ini kami akan memperbesar Masjid Al-Fatah ini yang 30 tahun berdiri, namun belum pernah renovasi yang ukurannya tujuh kali tujuh. Nanti kami akan bangun jadi sepuluh kali sepuluh dengan uang bantuan ini,” kata Arlan, ketua panitia pembangunan Masjid Al-Fatah Dusun Serapi, Desa Bobo.(edy)