TMMD  

Jelang Penutupan TMMD Pemalang, Buruh Sedih Berpisah Dengan TNI

Pemalang – Kemanunggalan TNI-Rakyat tercipta di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 Kodim 0711 Pemalang, di Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Antara Riyanto (44) buruh serabutan RT. 08 RW. 03, dengan Serda Tolani.

Riyanto tampak sedih saat akan berpisah dengan prajurit TNI yang selama ini berjibaku memperbaiki rumah semi permanen miliknya yang kini layak huni. Ruang tamu dinding kalsiboard dan dicat serta lantai dipasang keramik.

“Saya sedih kalau berpisah khususnya dengan Pak Tolani, dia sudah seperti keluarga,” ucap Riyanto, Selasa (26/3/2019).

Buruh tersebut juga mengaku bahwa, selain bekerja memperbaiki rumahnya, Tolani yang juga anggota Tim Jurnalistik TMMD Kodim, juga sering berkomunikasi dan membaur dengannya baik itu menonton televisi, membelajari anaknya mengerjakan PR sekolah ataupun sekedar ngobrol bersama.

Dijelaskan Tolani, guna menenangkan Riyanto, bahwa dirinya merupakan Babinsa Koramil 12 Watukumpul yang tidak terlalu jauh dari Jatiroyom, yaitu kurang lebih 50 menit 50 kilometer dari rumah Riyanto, jadi sewaktu-waktu dapat berkunjung.

Diketahui bahwa, Riyanto merupakan satu diantara 3 warga Dusun Jatiroyom yang menerima program bedah rumah bantuan Baznas melalui Kankemenag Kabupaten Pemalang. Sedangkan dua lainnya adalah Kartini (71) janda saru RT dan Kartini (71) janda tetangga RT, yaitu RT. 09. (Aan Pendim Pemalang).