TMMD  

Menjaga kelestarian hutan

SIGI-Kecamatan Paloloh, Kabupaten Sigi merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana. Tidak hanya bencana banjir, daerah yang berbatasan dengan kabupaten Poso ini juga rawan ditimpa bencana tanah longsor. Salah satu pemicunya adalah aksi penebangan ilegal yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Untuk itu, pemerintah kabupaten Sigi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan satgas TNI Manunggal Membangun (TMMD) ke-104 memberikan penyuluhan kepada warga kecamatan Paloloh, khususnya Desa Petimbe. Penyuluhan yang dilakukan di rumah ibadah dan diikuti 50 warga ini bertujuan membangun kesadaran warga dalam menjaga eksositem lingkungan dan tidak melakukan tindakan yang merusak alam maupun lingkungan, terutama penebangan liar.

Kepala BNPB Sigi yang diwakili Abram mengajak warga Desa Petimbe untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan serta ekoistem lainnya. Ditegaskan, rusaknya hutan akibat aksi pembalakan liar menjadi penyebab utama terjadinya banjir dan tanah longsor di wilayah Paloloh. Bencana alam itu tidak hanya menimbulkan korban materi tapi juga jiwa manusia. Karena ia mengajak warga untuk sama-sama melakukan upaya penanggulangan bencana.