TMMD  

Terbukanya Akses Tol Jatiroyom-Parunggalih Pemalang, Mensejahterakan Banyak Profesi

Pemalang – Perasaan senang dan bangga tentunya dialami warga Desa Jatiroyom dan Parunggalih Kecamatan Bodeh. Pasalnya, jalan yang dulunya becek, setapak dan licin saat hujan, sekarang selebar 2,5 meter menjadi jalan tembus pendekat dua desa, 4 kilometer 10-15 menit.

Berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang, membuka jalan makadam 805 meter dengan memangkas sisi Bukit Maribaya serta mengecor jalan sepanjang 919 meter, sehingga bagi masyarakat Parunggalih khususnya, tak lagi memutar jarak 19 kilometer 45-50 menit jika hendak ke fasilitas kesehatan terdekat yaitu Puskesmas Jatiroyom. Pun ke Sekolah Dasar serta pasar untuk menjual hasil bumi.

Banyak masyarakat yang menggarap Hutan Perhutani RPH Kaliwadas dan Sokawati, KPH Pemalang untuk tanam jagung, terbantu. Namun tidak hanya masyarakat desa tersebut saja yang sekarang menikmatinya, Sunardi (45) kaos hitam, pedagang beras dari Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, juga diuntungkan. Ia mengaku kaget bercampur senang. Bagaimana tidak, baru satu bulan sebelumnya ke Jatiroyom, jalan tersebut masih seperti dulu, namun kini tol yang di bangun dengan sangat cepat oleh TNI dan masyarakat sudah bisa dilewati kendaraan roda empat.

“Bagaimana tidak kaget Pak, baru sebulan dibangun TMMD, sekarang sudah menjadi jalan cor dan makadam. Pick up pengangkut jadi bisa ke Desa Parunggalih karena juga dibangun Jembatan Limpas di atas Kali Bacin, dulu semua roda empat tidak bisa lewat karena jalan setapak dan masuk kali,” ucapnya, Jumat (29/3/2019).

Jadi dengan terbukanya akses, jelas memudahkan segala profesi sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan pendidikan, kesehatan dan terutama perekonomian. (Rusg Pendim Pemalang/Aan).