DAERAH  

Gerakan Makan Ikan untuk Pemenuhan Gizi

Pacitan – Kegiatan Gemar makan ikan yang diadakan di SD I Losari Kec.Tulakan melibatkan juga TK Mardi Siwi, Paud Krajan, Paud Ngapak disambut meriah masyarakat. Ikan merupakan salah satu komoditas penting bagi pemenuhan gizi yang berguna untuk kesehatan terutama anak-anak dalam perkembangan pertumbuhan otak karena ikan mengandung protein hewani yang tidak memiliki efek samping untuk dikonsumsi.

Dalam sambutan pada acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) Ny. Luky Indartato yang diwakili drh .M.Yunus selaku Kepala Dinas Perikanan Pacitan menyampaikan .” Tingkat konsumsi ikan Kab.Pacitan baru mencapai 19,59 KG perkapita pertahun. Meskipun menunjukkan peningkatan masih jauh dibawah angka. Jawa Timur sebesar 34,62 Nasional 50,69 perkapita pertahun. Hal ini disebabkan oleh produk perikanan yang belum mencukupi karena kondisi alam yang sering kesulitan air. Demikian perlu upaya yang intensif untuk senantiasa :
1) Meningkatkan produksi perikanan misalnya memanfaatkan air untuk budidaya ikan dengan membuat kolam atau memanfaatkan perairan umum.
2) Meningkatkan distribusi ikan laut.
3) Menggalakkan gerakan memasyarakatkan makan ikan untuk pemenuhan gizi masyarakat. Oleh karena itu kami berupaya untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia sekolah dasar dalam bentuk kegiatan Gerakan Memasyarakatkan makan ikan seperti yang kita laksanankan pada hari ini,” terangnya.

Diinformasikan juga bahwa di Pacitan sudah terbentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) sebagai ketua Ny Indartato, dengan salah satu tugas mensinergikan pelaksanaan kegiatan peningkatan konsumsi ikan dengan Stakeholder.
(02/04/19). AW