PEMILU  

Ganjar Jationo: “Golput Ada Bermacam-Macam”

Nusantarapos – Puluhan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi dan Universitas di Lampung, menggelar diskusi mellenial dengan tema ‘Generasi Millenial Menyambut Pemilu 2019 Tanpa Hoaks dan Tanpa Golput’ di Restoran Dunkin Donuts Lantai 2, Kedaton, Bandar Lampung, Sabtu (13/4) yang diikuti oleh 50 mahasiswa dengan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi UNILA Lampung Wulan Suciska, Kepala Bidang Desminasi Informasi Diskominfo dan Statistik Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, anggota KPU Provinsi Lampung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Antoniyus.

Dalam kesempatan itu, para narasumber memberikan pemaparan terkait peran penting generasi millenial untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) tanpa berita bohong alias hoaks dan Golput (tidak ikut Pemilu/tidak menggunakan hak pilih sebagai warga negara).

“Penyebaran hoaks terbesar melalui media sosial dan pengguna media sosial kebanyakan usia muda. Bahayanya jika generasi muda ini terpapar hoaks, apalagi terkait pelaksanaan Pemilu, tentu ini akan banyak menyebabkan hal negatif,” papar Wulan Suciska.

Sementara, Ganjar Jationo dalam diskusi ini menjelaskan macam-macam Golput, diantaranya golput ideologis, golput teknis dan golput apatis. Ia mengajak para mahasiswa dalam diskusi ini menjadi agen atau duta anti hoaks dan golput. “Masih ada waktu hingga 17 April mendatang, agar para pemilih pemula (generasi millenial) untuk mencari informasi akurat terkait pasangan calon,” ajak Ganjar.

Begitu juga, Antoniyus juga menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam Pemilu sangat penting, sehingga KPU terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan pemilih cerdas.”Golput memang hak individu, namun mengajak orang lain untuk golput bisa dijerat hukum terutama UU ITE,” terangnya.

Disisi lain, mengenai langkah Kominfo dalam menangkal hoaks dan anti golput Ganjar menjelaskan bahwa pemerintah pusat dan daerah telah bersinergi memberikan sosialisai terkait pemilu untuk memerangi hoaks dan golput.(EDTR)