Seru, Inilah Edukasi Anak Melalui Dongeng dan Musik

Tuban – Salah satu penggiat literasi dari Komunitas Pelopor Dongeng Anak Tuban (Kompor Donat) bekerjasama dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu Republik Indonesia (PAPPRI) Tuban menggelar acara hiburan. Bertempat di alun-alun kota, kegiatan bertajuk dongeng anak dibalut musik ini didukung penuh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban, Sabtu sore (27/04).

Pendiri komunitas, Susilo Purwati menyampaikan tujuan dari acara ini untuk menyambut bulan suci ramadhan yang tinggal beberapa hari. Bertema sambut bulan puasa yang diperagakan kakak-kakak pendongeng menjadikan keseruan acara ini semakin menarik.

Selain itu, kata perempuan berusia 31 tahun ini, dengan metode dongeng utamanya acara ini untuk merangsang budaya berliterasi kepada anak usia dini. Dengan metode ini diharapkan dapat menanamkan pesan atau nilai sosial, moral, dan agama yang terkandung dalam sebuah cerita.

“Menumbuhkan generasi yang kreatif, berani, cakap dan sifat positif lainnya,” tambah Wati panggilan akrabnya.

Sementara itu perwakilan PAPPRI Tuban, Devi mengakui acara ini sangat menarik karena menjadi media belajar untuk menanamkan pendidikan positif kepada anak usia dini. Tak terkecuali pada orang tua yang juga bisa aktif membaca buku yang disiapkan oleh Perpustakaan.

“Membaca merupakan cara mempertajam wawasan. Bagi seniman musik membaca adalah syarat utama untuk melahirkan lirik dan syair lagu yang berkualitas,” pesan Devi pengurus PAPPRI Tuban.

Dengan digelarnya acara ini, Kepala Bidang Perpustakaan Rahayu Supriyati memberikan apresiasi kepada Kompor Donat dan Organisasi Musik PAPPRI. Pihaknya akan selalu mendorong dan mendukung pihak manapun yang ikut berusaha mengaktifkan literasi di Kabupaten Tuban.

“Sinergitas seperti ini sangat dibutuhkan untuk merangsang berbudaya membaca. Kami ucapkan terima kasih kepada para penggiat literasi,” pungkas Yayuk panggilan akrabnya. (afi)