Jakarta, Nusantarapos – IKEA meluncurkan Special Collection untuk lini fashion di Indonesia dalam seri EFTERTRÄDA. Seri ini menghadirkan koleksi pakaian yang sesuai dengan karakter, kepribadian, latar belakang, dan selera berbusana yang unik dari setiap pemakainya.
Seri EFTERTRÄDA memiliki desain yang simpel dan minimalis ala IKEA, namun tetap dihiasi oleh logo IKEA berwarna kuning dan biru. Salah satu desain unik dari seri ini adalah hoodies dan kaos dengan barcode dari produk terlaris IKEA, yaitu rak buku BILLY. Mengadaptasi gaya streetwear, EFTERTRÄDA memiliki karakteristik yang versatile dan effortless, sehingga dapat dipadupadankan dengan gaya busana apapun. Seri ini terdiri dari hoodies, kaos, handuk mandi, tas, botol air, eco tote-bag, dan gantungan kunci.
Sebelum masuk ke Indonesia, IKEA telah terlebih dahulu meluncurkan seri ini di Jepang pada Juli 2020 lalu, dan dilanjutkan ke Singapura dan Malaysia. “Selama bertahun-tahun, sudah banyak high fashion brands yang telah membawa desain IKEA ke catwalk. Hal ini menunjukan tingginya antusiasme dan ketertarikan mereka terhadap koleksi fashion yang menggambarkan uniknya brand IKEA. Karena seri perabotan rumah tangga kami sudah banyak dicintai masyarakat Indonesia, kami rasa sudah saatnya untuk membawa seri fashion EFTERTRÄDA ini ke Indonesia sebagai perwujudan visi kami untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, salah satunya dengan menghadirkan produk fashion yang cocok untuk segala karakteristik dan gaya busana dari pelanggan IKEA,” ujar Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (17/6/2021).
Sejalan dengan misi keberlanjutan IKEA, seri EFTERTRÄDA juga terbuat dari material yang aman, ramah lingkungan, dan dapat didaur ulang (recycle). Hoodies, kaos, handuk, dan tote bag dari seri ini terbuat dari bahan yang eco-friendly. Di samping itu, botol minum juga merupakan upaya IKEA dalam mengurangi sampah plastik. Semua hal tersebut merupakan upaya IKEA dalam memberikan dampak lebih positif pada lingkungan.
IKEA Indonesia juga memperkenalkan tagar #DefinisiNyaman sebagai bagian dari peluncuran seri EFTERTRÄDA di Indonesia. “#DefinisiNyaman sendiri menurut IKEA memiliki arti yang beragam. Tidak hanya berarti koleksi tersebut terbuat dari bahan yang nyaman, #DefinisiNyaman juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang sesuai dengan karakteristik dan kepribadian setiap orang. EFTERTRÄDA merepresentasikan keduanya,” lanjut Sally.
Mendukung tujuan IKEA Indonesia memperkenalkan EFTERTRÄDA, Fashion Enthusiast dan Content Creator, Ayla Dimitri, berpendapat bahwa EFTERTRÄDA akan cocok dipakai oleh semua orang dari berbagai kalangan. “Buat aku, #DefinisiNyaman adalah saat aku merasa percaya diri memakai pakaian yang aku suka. Aku lebih nyaman dengan pakaian yang desainnya timeless dan versatile, sehingga aku bisa pakai untuk periode waktu yang lebih lama dan EFTERTRÄDA merupakan koleksi yang tepat untuk itu,” ujar Ayla.
Melihat desain EFTERTRÄDA yang ikonik dan dapat dipakai khalayak luas, Creative Entrepreneur, Dendy Darman, menyatakan bahwa EFTERTRÄDA akan menjadi tren yang baru dan fresh, tidak hanya untuk pelanggan IKEA, tetapi juga di komunitas streetwear fashion. “Bagi saya, #DefinisiNyaman adalah menjadi diri sendiri, nyaman dengan apa yang kita pakai. Pada umumnya, desain dan fungsi pada fashion berjalan bersamaan. EFTERTRÄDA menggambarkan kedua hal tersebut dengan desain yang ikonik dan bisa dipakai oleh siapapun dan usia berapapun. Kalau dari segi streetwear, EFTERTRÄDA akan masuk banget dan akan menciptakan gaya streetwear yang baru,” ujar Dendy.