TMMD  

Anggota Satgas TMMD Bantu Penanggulangan Banjir di Brangkal

Tuban – Anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-104 membantu upaya penanggulangan banjir yang terjadi akibat cuaca eksrem dan hujan deras selama semalam ini di wilayah Desa Brangkal Kec.Parengan Kab.tuban terakhir ini.Rabu(6/03/2019).

Komandan Satgas TMMD 99 Letkol Inf Nur Wicahyanto SE.,dalam siaran pers yang diterima menyebutkan, setelah menerima laporan tentang banjir dan ancaman longsor di daerah itu, pihaknya langsung memerintahkan Dankisatgas untuk merelokasi warga ke fasilitas yang berada di lokasi cukup aman.

“Relokasi dan pendataan segera dilakukan demi menghindari jatuhnya korban jiwa. Beruntung banjir sudah mulai surut kemudian Satgas TMMD bersama masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan dan relokasi material longsor,” katanya.

Kendati cemas, warga Brangkal mengatakan banjir kali ini tidak separah sebelumnya, dan itu semua berkat perbaikan drainase (saluran air) yang telah dilakukan Satgas TMMD bersama masyarakat beberapa hari lalu.

Dandim Tuban selaku Dansatgas TMMD ke-104 di Tuban menyatakan, kegiatan evakuasi ini merupakan gerakan spontan dan merupakan SOP dari TNI saat terjadinya bencana alam untuk menghindari korban jiwa.

“Tapi ke depan kita akan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah, Ahli Geologi maupun instansi lain untuk bersama-sama merumuskan langkah yang tepat untuk menghindari bencana banjir dan longsor di daerah itu,” tutup Dansatgas.(Pendim0811)