Polda Metro Jaya Perketat Pengamanan Tahap Kampanye Pilkada DKI Jakarta 2024

Jakarta, Nusantarapos — Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya, Pemprov DKI Jakarta, dan berbagai pihak terkait melaksanakan pengamanan terpadu.

Operasi ini merupakan bagian dari “Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Jaya – 2024,” yang bertujuan untuk memastikan jalannya tahapan kampanye berlangsung aman dan tertib.

Operasi ini melibatkan 235 personil yang ditempatkan di berbagai titik strategis di Jakarta dengan pendekatan yang menekankan tindakan preemtif, preventif, serta penegakan hukum untuk menjaga stabilitas dan ketertiban selama masa kampanye berlangsung.

Dalam pengamanan ini, personil dikerahkan di tiga wilayah utama, yaitu:
– Jakarta Pusat: Sebanyak 73 personil, dengan fokus pengamanan di Jl. Merdeka Barat, Gambir (29 personil) dan DPP Partai Golkar, Kemanggisan, Palmerah (44 personil).

– Jakarta Selatan: Diperkuat oleh 118 personil, yang tersebar di Jl. HOS Harsono RM Dalam, Ragunan Pasar Minggu (44 personil) dan Jl. Nusa Indah, Cipete Selatan, Cilandak (74 personil).

– Jakarta Timur: Melibatkan 44 personil yang difokuskan di Asrama Haji Jakarta, Halim Perdana Kusuma.

Pengaturan lalu lintas di sekitar area kampanye akan bersifat situasional, disesuaikan dengan kondisi lapangan untuk menghindari kemacetan yang tidak terduga.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menegaskan pentingnya pengamanan ini sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang aman selama kampanye. “Kami dari Polda Metro Jaya akan terus melakukan pengawasan dan pengamanan dengan mengedepankan langkah preemtif dan preventif, serta melakukan penegakan hukum jika diperlukan,” ujar Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Rabu (16/10/2024).

Beliau juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga ketertiban. “Kami sangat berharap dukungan dari masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Ini adalah tanggung jawab kita bersama agar Pilkada DKI Jakarta bisa berjalan lancar dan aman,” tambahnya.

Sebagai bagian dari langkah pengamanan, Polda Metro Jaya juga mengeluarkan beberapa imbauan penting bagi masyarakat:
1. Hindari area kampanye untuk mengurangi risiko kemacetan lalu lintas dan gunakan rute alternatif.

2. Jaga keamanan dan ketertiban demi kelancaran seluruh rangkaian acara kampanye.

3. Perhatikan barang berharga, seperti ponsel dan perhiasan saat mengikuti kampanye untuk menghindari tindak pencurian.

Dengan sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat, diharapkan seluruh tahapan kampanye Pilkada DKI Jakarta 2024 dapat berjalan aman dan kondusif.