DAERAH  

Ketua Umum DPW GEMA MA Jabar Tekankan Inovasi Bagi Pemuda Untuk Hadapi Tantangan

Bandung, Nusantarapos – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Generasi Muda Mathla’ul Anwar (GEMA-MA) Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029 resmi dilantik, pada hari Jumat, 25 Oktober 2024 di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat.

Hadir pada acara pelantikan ini sejumlah tokoh penting, diantaranya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jabar yang sekaligus juga Ketua Dewan Pembina DPW GEMA-MA Jabar Muhammad Rizky, Ketua PWMA Jabar K.H. Yayan Hasuna Hudaya serta Ketua Umum DPP GEMA-MA Ahmad Nawawi.

Pelantikan bertajuk ‘Generasi Muda Mathla’ul Anwar sebagai Katalisator Pembangunan Pemuda Islam Provinsi Jawa Barat,’ mencerminkan tekad organisasi untuk menjadi motor penggerak perubahan di kalangan pemuda muslim.

Ketua Umum Terpilih DPW GEMA-MA Jabar 2024-2029 Ahmad Yani, dalam sambutannya menyampaikan visi strategisnya untuk organisasi lima tahun ke depan. Ia menekankan pentingnya inovasi di bidang teknologi informasi sebagai langkah awal untuk menjadikan GEMA-MA lebih adaptif dan modern. Siap menghadapi tantangan zaman.

“Kami akan memperkuat peran teknologi informasi dalam organisasi, memanfaatkannya untuk memperluas jejaring dakwah dan aktivitas sosial kami, serta meningkatkan keterlibatan pemuda di era digital ini,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina DPW GEMA-MA Jawa Barat Muhammad Rizky, mengingatkan akan pentingnya sosok pemimpin yang berani, visioner dan berintegritas seperti Pangeran Diponegoro.

“Seorang pemimpin harus memiliki jiwa patriotisme yang tinggi, berani mengambil langkah-langkah besar untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan. Keyakinan dan harapan pada Ketua baru GEMA-MA Jabar ini adalah sosok yang mampu mewujudkan itu. Tentunya bersama dengan seluruh jajaran pengurusnya harus bekerjasama demi keberlangsungan keterlibatan dakwah dan sosial pemuda muslim untuk pembangunam dan kemajuan di Jabar,” ucapnya.

M Rizky yang merupakan Anggota DPRD Jabar ini juga menegaskan, ketika GEMA-MA bercita – cita menjadi katalisator pembangunan di Jabar, sebaiknya eneginya di fokuskan dalam sektor (PENDIDIKAN-DAKWAH-SOSIAL). Sebagaimana hal ini sesuai dangan pondasi dasar berdirinya MA itu sendiri.

“Sehingga tujuan agar ajaran Islam menjadi dasar kehidupan bagi individu dan masyarakat sebagai tujuan MA dapat tercapai,” tegasnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua PWMA Jabar K.H. Yayan Hasuna Hudaya, mengingatkan agar kepengurusan GEMA-MA Jabar selalu berpegang pada 9 Khittah Perjuangan Mathla’ul Anwar (MA) yang menjadi landasan pergerakan organisasi sejak awal.

“Kita tidak boleh melupakan akar perjuangan, tetapi harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasar organisasi,” katanya.

Ketua Umum DPP GEMA-MA Ahmad Nawawi, yang menghadiri pelantikan sekaligus menutup rangkaian acara, dalam sambutan memberikan pesan dengan menekankan bahwa pentingnya DPW GEMA-MA Jabar sebagai pionir bagi organisasi serupa di wilayah lain.

“Saya berharap DPW GEMA-MA Jabar Periode 2024-2029 tidak hanya menjadi motor penggerak pembangunan pemuda Islam di Jawa Barat, tetapi juga menjadi teladan Nasional. Kepemimpinan yang solid dan inovatif adalah kunci untuk menghadapi tantangan ke depan.” pungkasnya.