DAERAH  

Terkait Hasil Sidak, Ini yang Dilakukan Sekda Lampura

Nusantarapos – Terkait hasil Sidak yang dilakukan Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), H. Sofyan kemarin (10/6), pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Inspektorat.

Hal itu diungkapkan Sekda Sofyan kepada sejumlah awak media bahwa Sidak kemarin dilakukan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) RI Nomor. B/26/M.SM.00.01.209 tentang laporan hasil pemantauan ASN sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Alhamdulillah hasil Sidak di hari pertama masuk kerja Pasca libur Hari Raya Idul Fitri hasilnya tidak mengecewakan, di sejumlah SKPD tingkat kehadiran ASN mencapai 97 persen,” ungkap Sofyan. Selasa (11/6/2019).

Menurut Sekda Sofyan, hasil pengecekan dihari pertama masuk kerja, yang tidak masuk kerja hanya satu ataupun dua orang saja, dengan alasan yang wajar, seperti sakit dan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter, bahkan ada juga yang memang cuti melahirkan.

BACA JUGA:

Kostrad Berterima Kasih Atas Masukan Pengelolaan ‘Mini Zoo’ Tirta Gupti

“Selanjutnya, saya masih menunggu laporan dari Inspektorat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia selaku tim GDN terkait jumlah pasti ASN yang tidak masuk, selain ke beberapa SKPD, kami juga ke tiga Kecamatan dan hasilnya hanya ada satu atau dua orang saja yang tidak masuk,” katanya, seraya menjelaskan hasil rekap dari Inspektorat akan dilaporkan ke Menpan-RB secara online.

Selain itu, untuk menjaga tingkat kedisiplinan ASN di Pemkab Lampura kegiatan Sidak akan terus dilakukan dan dijadwalkan di jam-jam serta di hari yang memang dianggap rawan.

“Kalau kita lakukan Sidak hari ini pasti mereka sudah siap, biasanya kan mereka kucing-kucingan dengan kita, maka dari itu kita akan tunggu waktu yang pas,”papar Sekda.

Dirinya juga berharap, agar Pegawai bekerja bukan karena takut di Sidak tetapi ada kesadaran sendiri di dalam dirinya bahwa ia merupakan pelayan rakyat, dan mereka bekerja berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Sebelumnya, hari pertama masuk kerja, usai Cuti lebaran Idul Fitri 1440 H, Pj. Sekkab Lampura, H. Sofyan bersama tim dari Gerakan Disiplin Nasional (GDN) lakukan sidak.

Kegiatan Sidak yang dilakukan Sekda bersama tim tersebut, tidak hanya berkeliling di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Lampura saja, tetapi mereka berkeliling hingga ke Kecamatan-kecamatan yang ada di Lampura. (RH)