banner 970x250

Tips Memilih Kamar Hotel, Begini Cara yang Tepat

Hotel (Foto: Traveloka.com)

JAKARTA,NUSANTARAPOS,- Saat sudah memutuskan untuk berlibur, selain destinasi wisata yang dinantikan biasanya pergi ke tempat penginapan yang sebelumnya telah dipilih secara selektif.

Ada banyak jenis kamar hotel yang bisa kita pilih, mahal belum tentu bagus dan bagus belum tentu mahal. Terkadang ada promo menarik yang bisa kita dapatkan apabila memesan kamar hotel menggunakan Pay Later Traveloka. Sebelum membahas Pay Later Traveloka, kita pun harus mengetahui cara memilih kamar hotel agar liburan semakin tak terlupakan.

traveloka

Tips Memilih Kamar Hotel Idaman

Salah satu pengeluaran termahal saat liburan adalah penyewaan kamar hotel. Baik di dalam negeri ataupun di luar negeri, harga satu kamar hotel memang cukup merogoh kocek. Agar liburan dan biaya yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang didapat tentu harus mengetahui cara memiliki kamar hotel agar liburan lebih menyenangkan.

Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Hotel yang murah belum tentu memiliki kualitas dan fasilitas yang kurang baik, dan sebaliknya hotel yang memiliki harga mahal belum tentu sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.

Sehingga saat memilih kamar hotel, jangan hanya terpaku dengan harga. Namun harus menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan keuangan kita agar liburan tidak menjadi terpaksa. Kita harus menyesuaikan budget saat memilih hotel.

Lokasi Hotel

Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah lokasi hotel, kita harus memikirkan dan memperhitungkan lokasi dengan area tempat wisata lainnya. Hotel yang berada di tengah kota dan dikelilingi oleh destinasi wisata lainnya biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan yang berada di pinggiran kota.

Namun, lokasi hotel dengan dengan tempat wisata yang akan dikunjungi, hotel yang dekat dengan keramaian dan tempat makan, sehingga akan membantu mengurangi pengeluaran budget transportasi juga perlu kita pertimbangkan.

Kita juga harus memperhitungkan transportasi dari stasiun atau terminal kedatangan ke hotel yang kita pilih. Jangan sampai lokasi tersebut terlalu jauh hingga membuang waktu, energi dan pengeluaran tambahan.

Pertimbangkan Kenyamanan

Dalam pertimbangan kenyamanan kita harus berhati-hati dan jangan langsung tergiur dengan harga yang murah. Lakukan riset terlebih dahulu pada hotel tersebut secara mendalam serta perhatikan fasilitas yang diberikan. Untuk menyakinkan diri, kita bisa melihat review yang diberikan oleh pengunjung yang sebelumnya telah bermalam di hotel tersebut.

Kenyaman yang harus diperhatikan biasanya menyesuaikan bersama siapa Anda akan bermalam di hotel tersebut. Seperti saat kita bepergian dengan orang tua, apakah hotel tersebut menyediakan lift untuk mempermudah aksesnya. Saat kita bermalam di hotel tersebut bersama anak-anak, perhatikan apakah ada taman bermain atau mungkin kolam renang yang akan menambah kesan pada liburan kita.

Perbandingan dengan Hotel Lainnya

Untuk perbandingan dengan hotel lainnya kita juga bisa mempertimbangkan harga hotel satu dengan hotel lainnya. Hal ini berguna untuk memberikan banyak pilihan dan memberikan alternatif lain. Bahkan dalam sebuah pencarian ada penyedia jasa layanan pemesanan hotel harga kamar bisa berbeda-beda.

Lakukan perbandingan harga terlebih dahulu sebelum memilih dan membayar kamar hotel yang akan Anda pesan. Memiliki alternatif penginapan sangat penting untuk dilakukan agar kita  mendapatkan harga dan fasilitas yang paling sesuai.

 

Jika setelah itu kita tidak menemukan hotel yang sesuai dengan kriteria dan budget, acda beberapa pilihan yang bisa menjadi pertimbangan alternatif lainnya, meliputi:

Hostel

Kamar bergaya asrama biasanya memiliki fasilitas yang cukup dengan budget yang murah. Namun biasanya, hostel menawarkan kamar yang kecil yang memang dirancang untuk yang bepergian sendiri. Saat kita hendak bepergian ke negeri-negara yang memiliki akomodasi yang mahal, hostel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tempat menginap kita karena akan hanya mengeluarkan sedikit budget.

 

Apartemen

Saat Anda bepergian dengan sahabat yang dengan jumlah orang yang banyak dan keluarga, memilih apartemen menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena biasanya, sudah tersedia fasilitas yang memberikan kemudahan dalam berlibur seperti dapur, selain bisa digunakan untuk menambah waktu kebersamaan dengan memasak bersama, hal ini juga akan mengurangi budget pengeluaran untuk makan.

Homestay

Apabila tujuan liburan kita untuk mengetahui dan mempelajari suatu budaya di tempat tujuan wisata, kita bisa menyewa homestay atau rumah penduduk. Homestay merupakan tempat penginapan di mana satu keluarga menyewakan salah satu kamar di rumah mereka kepada turis untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan bisa memberikan pengetahuan mengenai budaya serta ada mereka kepada turis yang menyewa kamar tersebut.

Camping

Saat tujuan liburan kita adalah menikmati alam dan ingin lebih dekat dengan alam, maka camping bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan tenda atau tempat tidur gantung, Anda akan menikmati malam dibawah bintang-bintang dengan keindahan alam yang ciamik. Biasanya penyewa lahan untuk camping juga sudah memperhatikan fasilitas dan pemandangan yang akan diberikan kepada para pengunjung.

Sudah mengetahui akan memesan hotel yang mana, kini dalam pembayarannya seiring berjalannya waktu kemudahan untuk manusia semakin terdepan. Bahkan, kini kita bisa cicil tanpa kartu kredit dengan proses yang mudah dan limit yang mencapai ratusan juta rupiah. Salah satunya yang memberikan layanan ini adalah Traveloka. Jadi, tunggu apa lagi? Cek Traveloka sekarang untuk mengetahui informasi detailnya!

Penulis: JOKO