DAERAH  

Trenggalek Gencarkan Donasi Pohon untuk Dukung Hidup Sehat

Proses penanaman pohon oleh Bupati Trenggalek

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menegaskan bahwa daerah yang maju dapat dilihat dari sisi ekonominya, sedangkan ekonomi yang maju dapat berjalan karena adanya sumber daya manusia yang produktif.

“SDM anak produktif tentu harus sehat baik dari luar maupun dari dalam,” kata Gus Ipin sapaan Bupati Trenggalek, Kamis (10/2/2022).

Saat menghadiri kampanye GERMAS di Desa Ngulung Kulon Kecamatan Munjungan dalam program mewujudkan dengan penanaman 1,000 pohon Gus Ipin juga menerangkan gerakan sehatnya ini tidak hanya sehat dari luar tetapi yang di dalam juga harus kita jaga.

Terutama dalam hal mempertahankan kealamian oksigen yang di hirup setiap hari, sehingga harus benar-benar bersih, maka dari itu Pemkab terus menggenjot penanaman pohon. Kemudian tentang makanan yang di makan juga harus sehat.

“Makanya pohon yang ditanam pun juga pohon buah, salah satunya alpukat yang kaya dengan vitamin A, vitamin C, dan juga lemak yang baik,” tuturnya.

Bupati Nur Arifin sendiri telah mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan masyarakat Trenggalek untuk mendonasikan minimal satu bibit pohon dalam satu tahun. Pada kesempatan itu, Bupati mengimbau masyarakat menanam tanaman buah untuk mendukung kesehatan keluarga.

Sementara itu pada kesempatan itu, Pj. Sekda Andriyanto menyampaikan terkait kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Terlebih dalam buah-buahan seperti alpukat yang menjadi salah satu jenis buah yang ditanam pada kegiatan tersebut.

“Seluruh buat itu mengandung vitamin A dan C sebagai anti oksidan supaya kita sehat, tidak gampang tertular omicron, tapi khasnya alpukat itu tinggi lemak, lemaknya itu adalah lemak baik,” terangnya.

Ditambahkannya, pada ibu hamil, kemudian anak usia 6 bulan ke atas itu lebih dianjurkan alpukat karena di situ mengandung lemak baik yang kalorinya cukup tinggi tapi bagus untuk kesehatan jantung, dan tentu dapat mengurangi resiko stunting.

Penulis: RUDI