DAERAH  

Warga Mengeluh Atas Pemotongan Kapal di Bibir Pantai

Pemotongan Kapal

BITUNG , NUSANTARAPOS ,-  Warga Kampung Pisang, Kecamatan Pakadoodan mengeluhkan keberadaan pemotongan kapal yang dilakukan di bibir pantai Candi dekat dengan perusahan Bimoli yang sudah sangat menggangu dengan aktivitas pemotongan kapal.

Padahal dalam pemotongan harus ada ketentuan-ketentuan pemotongan bangkai kapal seperti mengutamakan keselamatan kerja, menggunakan peralatan, tidak menimbulkan bahaya dan tidak menimbulkan pencemaran laut.

Sedangkan pemotongan kapal yang dilakukan di bibir pantai ini dianggap menuai kontroversi dan protes dari kalangan masyarakat karena

dapat menghasilkan limbah dari aktivitas pemotongan kapal yang pemotongannya menggunakan sandblasting.

Pemotongan bangkai kapal tentu akan menimbulkan masalah jika menganggu sekeliling di lokasi.

”Kondisi ini sebenarnya sudah sering terjadi.n amun selama ini warga memilih diam,”ujar warga yg tak mau disebutkan namanya, seorang nelayan yang tak jauh tinggal  dari lokasi pemotongan kapal, Rabu (16/2/2022).

Masyarakat setempat berharap Pemerintah, dalam hal ini instansi terkait, yakni Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengecekan ke lokasi, sebab aktivitas yang terjadi di kawasan wilayah berpemukiman dapat di menimbulkan bahan berbahaya dan beracun.

Sementara, saat awak media mengkonfirmasi ke Kadis Dinas Lingkungan hidup lewat via telephone, Sadat Minabari menjawab, ”Pemotongan kapal tersebut tidak mengetahui kalau ada pemotongan kapal di wilayah tersebut, dan akan menanyakan lagi ke bidang.”

 

Penulis: USMANEditor: JOKO