DAERAH  

260 CPNS Terima SK, Mas Syah Berharap Pengabdian Terbaik untuk Trenggalek

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS,- Sebanyak 260 peserta yang telah lolos dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2021 resmi mendapatkan Surat Keputusan (SK) Bupati Trenggalek. SK pengangkatan CPNS tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara.

Pelantikan peserta CPNS yang digelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha pada, Rabu (30/3/2022) tersebut terdiri dari 244 SK berdasar dari hasil seleksi pengadaan CPNS jalur umum dan 16 sisanya dari jalur ikatan dinas Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

“Para peserta CPNS baru ini harus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, selangkah lagi kalian dari CPNS bisa menjadi PNS,” pesan Mas Syah.

Saat menjadi CPNS ini Mas Syah mengharap pembuktian dimana bisa melaksanakan pengabdian yang terbaik. Karena jabatan kepala daerah ibarat tenaga outsourcing yang dibatasi dengan waktu dan hanya bisa menjabat dua periode saja.

Itupun untuk bisa menjabat kembali harus melamar lagi. Sedangkan PNS akan mengapdi puluhan tahun sampai dengan batas pensiun asalkan tidak melanggar aturan yang ada.

“Artinya CPNS yang nantinya akan menjadi PNS mempunyai tanggungjawab yang lebih besar daripada kepala daerah,” tegasnya.

Mas Syah juga meminta untuk kehati hatian para peserta CPNS baru agar tidak mudah terhasut akan bisikan-bisikan yang menyesatkan sehingga dapat melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma yang ada.

Maka seluruh CPNS ini harus memiliki berkomitmen, berintegritas dan bertanggungjawab penuh. Terutama memiliki disiplin dan punya etos kerja yang tinggi. Kemudian tahu posisi, juga peran instansi yang menaungi.

Loyalitas, kemampuan, kolaborasi dan kerjasama. Sehingga dapat melakukan komunikasi dengan para senior.

“Hal itu agar pelaksanaan tugas bisa berjalan dengan baik sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat terukur mulai kepala daerah hingga posisi jabatan yang paling bawah,” tuturnya.

Sementara, Eko Juniati Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek menjelaskan, pengadaan CPNS formasi tahun 2021 dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Dalam seleksi administrasi terdapat 2.912 pendaftar dan yang lolos tinggal 2.625 orang.

Dari hasil lolos seleksi itu kemudian melanjutkan seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dari 3.625, lulus 611 orang. Kemudian melanjutkan seleksi kompetensi bidang dan menyisakan 244 orang.

“Karena disetujui penetapan NIP dari BKN maka peserta yang lulus seleksi CPNS dan PKN STAN itu dapat diangkat menjadi CPNS,” ucapnya.

Terakhir Kepala BKD Kabupaten Trenggalek itu menjelaskan, untuk CPNS dari jalur ikatan dinas PKN STAN mulai aktif bekerja pada 1 Maret kemarin dan SK-nya baru diterimakan pada hari ini. Sedangkan CPNS hasil seleksi formasi 2021 kemarin akan aktif bekerja di satuan kerja masing-masing pada 1 April nanti.

Editor: RUDI