DAERAH  

Aspek Sosial dan Lingkungan Jadi Poin Penerbitan Izin Tambang di Trenggalek

Bupati saat melakukan peninjauan langsung pelaksanaan tambang batuan

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Hubungan antara pengusaha tambang batuan dan aspek lingkungan serta sosial menjadi acuan Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin untuk menerbitkan perizinannya. Apalagi pihaknya telah menemukan salah satu pengusaha tambang batuan yang cukup baik dalam menerapkan eksplorasi.

Hal itu disampaikan Gus Ipin sapaan akrabnya saat turun langsung meninjau lokasi tambang batuan yang ada di Desa Jambu Kecamatan Tugu, Jumat (8/4/2022). Selain mengecek penertiban izin tambang, kedatangannya tersebut juga untuk mengecek hubungan dengan lingkungan sekitar.

“Saya sangat mengapresiasi jika pengusaha tambang batuan menomor satukan aspek lingkungan alam maupun lingkungan sosialnya,” ungkap Gus Ipin.

Gus Ipin menyampaikan, pihaknya telah menemukan salah satu perusahaan penambangan yang dinilainya cukup baik dalam melakukan eksplorasi di salah satu desa.

Pengusaha tersebut membuka jalur tambangnya sendiri, terus kemudian di permukiman warga tadi saya lihat ada beberapa pelebaran jalan dan pengerasan jalan meskipun aktivitas tambangnya belum dimulai.

Artinya dari sisi sosial itu sudah sangat bagus, kemudian dari sisi lingkungan memang yang dipilih mendapatkan izin ini memang tanah yang bebatuan.

“Ya, yang mayoritas andesit di sini yang top soilnya memang untuk tanaman tidak terlalu baik atau tidak terlalu produktif,” ungkapnya.

Bupati menambahkan bahwa di lokasi tersebut juga sudah memiliki jaminan reklamasi. Selain itu, dengan adanya penambangan batuan di lokasi tersebut tentu akan mendukung tersedianya bahan baku untuk keperluan pembangunan di Kabupaten Trenggalek.

Hal itu tentu sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo di mana dalam setiap pembangunan infrastruktur harus diimbangi dengan meningkatnya komponen dalam negeri.

Jika komponen dalam negeri bisa dihasilkan dari Trenggalek, maka semakin lebih baik, khususnya semua masih butuh banyak konstruksi untuk membangunan sumber daya air maupun bangunan jalan dan lain sebagainya.

“Dalam hal ini bentuk-bentuk batuan seperti ini sangat dibutuhkan, baik yang nanti pecahan besar maupun yang nanti hasil crushing yang kecil-kecil itu untuk pembetonan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Editor: RUDI