Dukung Desa Digital, XL Axiata Donasi Laptop ke Ponpes di Jawa Tengah

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id- Dalam rangka Program Desa Digital guna mendorong digitalisasi, termasuk peningkatan literasi digital bagi masyarakat desa, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendonasikan laptop untuk dibagikan kepada pondok pesantren di Klaten, Jawa Tengah.

Pondok pesantren yang terpilih sebagai penerima donasi salah satunya adalah Pondok Pesantren IT Ma’Arif NU Ta’limul Qur’an Trucuk Klaten, Jawa Tengah.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, mengatakan, infrastruktur jaringan data 4G XL Axiata terus meluas di seluruh Indonesia, yang sebagian di antaranya juga menjangkau area pedesaan.

“ Seiring dengan hal itu, kami berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren. Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan,” ujar Bambang Parikesit di lokasi penyerahan bantuan di Yogyakarta, Rabu, (13/4).

Menurut Bambang, pondok pesantren dan masyarakat perlu untuk menyesuaikan diri dengan digitalisasi yang semakin masif di berbagai bidang, termasuk di sektor ekonomi dan sosial, serta area layanan publik. Literasi digital yang terus meningkat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, antara lain agar dapat memanfaatkannya guna meningkatkan produktifitas, serta akses ke layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, sosial.

“ Donasi laptop dan sarana akses internet XL Axiata disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa sebagai bagian dari keseriusan XL Axiata dalam ikut menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital,” tuturnya.

Pondok Pesantren IT Ma’Arif NU Ta’limul Qur’an sendiri berdiri sejak tahun 1989 ini berlokasi di Sudimoro, Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sedikitnya ada sekitar 80 santri yang belajar di pondok pesantren yang dikelola oleh Yayasan Ta’limul Qur’an ini. Salah satu program pemberdayaan masyarakat desa yang dijalankan di pesantren ini adalah Semaan Qur’an yang melibatkan warga sekitar pondok.

Selain laptop, XL Axiata juga memberikan router dan sarana akses internet gratis sebesar 20GB setiap bulannya selama satu tahun. Selain itu, mendapatkan juga program pelatihan sejumlah keahlian digital, seperti cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif. Tahun lalu, dalam penyaluran donasi ini, XL Axiata bekerja sama dengan Benihbaik.com.

Secara nasional, XL Axiata juga telah menyalurkan donasi lebih dari 50 unit laptop kepada belasan pondok pesantren di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Gorontalo, hingga Nusa Tenggara Barat. Dan akan dilanjutkan setelah Ramadan ke pesantren yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, hingga Sulawesi.

XL Axiata juga telah mengimplementasikan aplikasi Laut Nusantara, Sisternet dan Gerakan Donasi Kuota yang memberikan fasilitas akses internet serta data bagi komunitas masyarakat yang membutuhkan dukungan untuk meningkatkan produktivitas.

Bambang menjelaskan, XL Axiata telah menjadi bagian dari masyarakat DIY dan Jawa Tengah sejak sekitar 20 tahun lalu, untuk itu silaturahmi perlu kami jaga terus, baik dalam wujud memberikan layanan telekomunikasi dan data terbaik, juga melalui program sosial.

“Kami berharap akan terus bisa memberikan dukungan kepada DIY hingga Jawa Tengah melalui berbagai kesempatan sesuai dengan bidang keahlian kami, termasuk peningkatan literasi digital masyarakat hingga ke pelosok pedesaan,” jelasnya.

XL Axiata mengoperasikan infrastruktur jaringan berupa total lebih dari 20 ribu BTS, termasuk lebih dari 9 ribu BTS 4G bagi 6,8 juta pelanggan di wilayah DIY dan Jawa Tengah dan khusus DIY telah dioperasikan lebih dari 2.900 BTS, termasuk lebih dari 1.300 BTS 4G.

Bertepatan kegiatan Safari Ramadan XL Axiata juga membagikan 500 paket sembako kepada sejumlah pondok pesantren di beberapa kota di Indonesia. Penyerahan donasi laptop dan simbolis sembako dihadiri oleh Direktur & Chief Strategic Transformation Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya bersama Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia. (AKA)