DAERAH  

Kabupaten Trenggalek Terpilih Jadi Smart City Indonesia

Penandatanganan MoU oleh Bupati Trenggalek Melalui Daring

TRENGGALEK,NUSAANTARAPOS, – Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu Kabupaten yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mewujudkan Smart City di Indonesia.

Dipilihnya Trenggalek karena dirasa sudah mampu mendayagunakan data dan teknologi digital untuk membuat kebijakan dengan lebih baik dan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.

“Nota kesepahaman (MoU) telah saya tandatangani dengan Menteri Kominfo RI secara daring,” kata Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Kamis (21/4/2022).

Disampaikan Gus Ipin Kabupaten Trenggalek ditunjuk oleh Kementerian karena beberapa dasar-dasar atau beberapa penerapan dari Smart City di Trenggalek sudah ada sehingga tinggal dipertajam.

Disampaikannya, komitmen daerah dinilai oleh Kementerian Kominfo sehingga kita sekarang bersama Dirjen Aplikasi Teknologi dan Informatika.

“Dengan disepakatinya MoU ini, kedepan akan ada pendampingan khusus dari Kemkominfo untuk Trenggalek menuju Smart City,” ucap Gus Ipin.

Sementara itu Menkominfo RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa tidak semua kabupaten/kota dapat digolongkan sebagai kota cerdas. Sebuah kota dapat disebut sebagai smart city dikategorisasikan bukan hanya berdasarkan banyaknya platform digital atau aplikasi yang digunakan.

Namun, sebuah kota dapat digolongkan sebagai smart city apabila kota tersebut mampu mendayagunakan data dan teknologi digital untuk membuat kebijakan dengan lebih baik dan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.

“Manfaat pendayagunaan data dan teknologi digital dalam implementasi smart city juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam birokrasi pemerintahan,” ungkap Johnny.

Kementerian Menkominfo dalam hal ini berharap melalui momentum penandatanganan MoU tersebut dapat menjadi simpul penguat kolaborasi dalam mewujudkan implementasi Smart City di Indonesia.

Dengan adanya partisipasi aktif serta keinginan yang kuat dari pemerintah daerah, saya berharap titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru tanah air.

“Tentu membawa gerak akselerasi pertumbuhan yang inklusif, berkelanjutan, dan memberdayakan,” harapnya.

Editor: RUDI