DAERAH  

Novita Minta Kartini Masa Kini Berani Berbuat Atas Dasar Kebenaran

Ketua TP PKK Saat Berbincang dengan Warga Desa Depok

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS,- Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek Novita Hardini ajak Kartini masa kini bisa berani berbuat atas kebenaran. Apalagi era saat ini, ruang partisipasi bagi perempuan tentunya sudah terbuka lebar.

Urusan perempuan tidak lagi hanya bekutat pada urusan dapur dan melahirkan. Kesetaraan gender tentunya memberikan ruang bagi perempuan untuk bisa berkreasi dan berprestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

“Kalau dulu Raden Ajeng Kartini, harus bersembunyi-sembunyi untuk mencerdaskan generasi bangsa, Kartini masa kini ruangnya lebih terbuka,” ucap Novita Hardini, Kamis (21/4/2021).

Menurutnya, perempuan saat ini harus bersyukur, karena ruang untuk berpartisipasi sudah terbuka dengan lebar. Tapi, tidak boleh terbuai bahwa masih ada perjuangan dibaliknya untuk bisa setara.

Memang tidak bisa disamakan, tapi untuk perjuangan menjadi setara ini butuh perjuangan dan pengorbanan besar, butuh keberanian.

“Saya titip pesan kepada penggiat perempuan satu hal yang harus diperhatikan adalah kita harus berani berbuat diatas kebenaran,” ucapnya.

Apalagi dalam memaknai kegigihan RA Kartini, saat ini perempuan dapat ambil bagian dalam membangun peradaban, dalam pendidikan anak-anaknya dan ikut memajukan bangsanya.

Terlebih, saat ini seluruh perempuan Indonesia harus memelihara semangat juang pahlawan perempuan tersebut. Sebagai seorang wanita tentu semangat juang ini juga terus dilakukan, terlebih peran wanita untuk men-support anak-anak itu sangat penting.

“Maka komunikasi antara ibu dan ayah menjadi sangat penting, khususnya pada perubahan zaman seperti saat ini. Bahkan, sosok ibu bisa berperan menjadi sosok ayah,” terangnya.

Ditambahkan Novita, perempuan memiliki arti penting di tengah lingkungan keluarga, terutama dalam mendidik dan menguatkan karakter anak. Dengan semangat RA Kartini tersebut bisa mewujudkan generasi unggul berkarakter.

Editor: RUDI