TMMD  

Jembatan Limpas Dibangun, Warga Bodeh Pemalang Tak Masuk Kali Lagi

Pemalang – Pembangunan di Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang melalui TMMD Reguler 104 Kodim 0711, totalitas. Tak hanya Makadam/Telford sepanjang 805 meter dan lebar 2,5 meter, 1 unit Jembatan Limpas sepanjang sepanjang 20 meter dan lebar 3 meter juga dibangun.

Infrastruktur ini kedepan akan memanjakan warga Desa Parunggalih-Jatiroyom sehingga mereka tak lagi masuk Kali Bacin lagi untuk pulang-pergi. Terlihat Babinsa Pesantren Koramil 05 Ulujami, Koptu Totok, di lokasi pembangunan jembatan yang memasuki pengerjaan pondasi di bagian pangkal jembatan atau abutment.

Dibenarkan Totok bahwa, selama ini warga kedua desa melintasi kali jika akan menuju antar desa. “Pekerjaan sudah dimulai dalam tahap Pra TMMD, karena waktu regular hanya 30 hari sehingga diharapkan curi start ini akan merampungkan sasaran tepat waktu sebelum TMMD ditutup,” ungkapnya.

Sarana inilah merupakan salah satu prioritas utama fisik TMMD yang telah sesuai pertimbangan atau faktor-faktor tingkat kepentingan maupun situasi daerah. Pelibatan lintas sektoral guna membantu pemerintah dengan tidak mengambil alih tanggung jawab instansi yang berwenang.

“Sebelum Satgas TMMD datang pada 26 Februari lalu, pekerjaan jembatan dilakukan oleh para tukang warga setempat dengan biaya sepantasnya. Maksudnya adalah agar tidak mengambil alih atau menghilangkan lapangan kerja mereka sambil menumbuhkan tanggung jawab membangun lingkungan hidupnya,” imbuhnya. (Aan Pendim Pemalang).