Menparekraf Apresiasi Komitmen Desa Wisata di Trenggalek

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno lakukan visitasi langsung ke Desa Wisata Watu Kandang Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Didampingi Bupati Trenggalek, Sandiaga Uno melihat langsung kearifan lokal desa wisata ini. Alhasil Sandiaga Uno menyebutkan Pandean memang layak masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (AWDI) tahun 2022.

“Saya tidak canggung menyebut Desa Wisata Pandean sebagai pemenangnya,” ucap Sandiaga Uno, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, dengan usia baru seumur jagung, belum genap 1 tahun Desa Wisata Watu Kandang Pandean, bisa mengukir prestasi luar biasa, masuk 50 besar AWDI.

Bahkan dari 3.500 peserta, Pandean menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik. Tidak lupa mas menteri sapaan akrabnya juga mengungkapkan selamat kepada Desa Wisata Pandean, bersama dengan Astra kita akan bermitra.

“Ini harus kita kunjungi karena berbasis komunitas, bahkan juga ada para ibu yang menjalankan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin saat mendampingi langsung kunjungan menteri pariwisata itu mengucapkan terimakasih atas kunjungan mas menteri.

Sesuai komitmen bahwa 50 besar anugerah desa wisata Indonesia, mas menteri telah menepati janji untuk berkunjung langsung ke lokasi. Tentu ini menjadi suatu kehormatan bagi Trenggalek.

“Konsep desa wisata ini bahwa langsung mereservasi ekologi, jadi karena lingkungannya terjaga akhirnya wisata ini bisa tumbuh,” ungkapnya.

Bahkan paket wisata di sini juga tidak aneh aneh seperti nangkap ikan pakai bambu. Terus kemudian ada paket mengembala Kambing, jelajah hutan yang itu dilakukan oleh masyarakat desa hutan.

Jadi masyarakat yang di kota yang biasanya ketemu dengan gedung, di sini bisa ketemu sungai yang asri. Kemudian juga bisa berglamping, dimana bermalam berlatarkan teras iring padi kemudian pelatarannya sungai.

“Tadi UMKM-UMKM yang di kirim Ketua Dekranasda ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari mas menteri,” ucapnya.

Diimbuhkan Gus Ipin, kedatangan menteri pariwisata ke Pandean tentunya menjadikan semangat baru untuk desa wisata yang dirintis tahun 2021 lalu itu bisa terus berbenah.

Tentunya kedatangan mas menteri akan menjadikan daya tarik sendiri terhadap kunjungan wisata di Desa ini. (Rudi)