Menapaki Usia ke 114 Tahun, Ikatan Notaris Indonesia Tetap Jadi Rumah Para Notaris

Ketum PP INI Yualita Widyadhari memberikan potongan kue kepada Sekum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah saat perayaan HUT INI ke 114 tahun.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Ikatan Notaris Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-114 Tahun di Sekretariat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) Jalan Minangkabau Timur No. 1, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Acara tersebut dilaksanakan dengan sistem daring dan luring yang diikuti oleh Notaris seluruh Indonesia.

Adapun yang digelar secara luring dihadiri oleh jajaran PP INI seperti Ketum Yualita Widyadhari, Sekum Tri Firdaus Akbarsyah, Bendum Wirastuti Puntaraksma, Kabid Humas Wiratmoko, Wakil Ketua DKP Pieter Latumenten, Sekretaris DKP Firdhonal, Tim Pakar, Tim Kebijakan Publik, Dewan Penasehat, Tim Kajian Hukum, Ketua Pengwil Banten INI.

Ketua Panitia HUT ke-114 INI Maya Erika dalam sambutannya mengatakan untuk tema perayaan tahun ini adalah Memperingati HUT ke 114 Ikatan Notaris Indonesia Kita Tingkatkan Profesionalitas, Integritas dan Etika Berorganisasi Demi Menjaga Marwah Notaris Indonesia.

Sekum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah sedang mengambil potong tumpeng untuk diberikan kepada Ketum PP INI Yualita Widyadhari.

“Di HUT kali ini kami telah menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan seperti webinar 30 Juni kemarin yang diselenggarakan secara daring bekerjasama dengan Kemenkumham. Selain itu pada hari ini kita akan mengadakan donor darah, ziarah kubur kepada senior Notaris yang dimakamkan di Jakarta maupun Jawa Timur, juga jalan santai yang akan diadakan pada 24 Juli di GBK Senayan,” katanya.

Maya menjelaskan kami juga akan menindaklanjuti MoU antara PP INI dengan Polri, dimana rencana akan diselenggarakan MoU antara Pengwil Jawa Timur INI dengan Polda Jatim pada 20 Juli 2022. Kemudian pada tanggal 25 Juli kami akan mengadakan seminar nasional yang terbuka untuk umum bertempat di Hotel Bidakara Jakarta.

“Selanjutnya rangkaian kegiatan akan ditutup dengan konser musik di acara Notariat Fest 2022 yang diadakan oleh Pengwil Jawa Timur INI pada tanggal 29 Juli di Surabaya,” ujarnya.

Sekum PP INI Tri Firdaus, Ketum PP INI Yualita Widyadhari dan Bendum PP INI Wirastuti Puntaraksma saat memberikan keterangan pers kepada media pada HUT INI ke 114 tahun.

Lanjut Maya, di kesempatan ini kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan support atas terselenggaranya acara ini, tak terkecuali kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini bisa terlaksana sesuai dengan waktu yang direncanakan.

“Tak lupa kami juga mohon maaf apabila acara terdapat kekurangan atau ada hal-hal yang kurang di hati, ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak kesempurnaan hanya milik Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa semata,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama Wakil Ketua DKP Pieter Latumenten menyatakan
di dalam suasana yang berbahagia ini, dimana INI berulang tahun yang ke 114 perlu kita syukuri. Karena apa ?karena INI itu bagaikan keluarga, kalau keluarga itu ada ayah, ibu dan anak walaupun kita ada perbedaan kepentingan tapi kita tetap ingin bersatu.

“Oleh karena itu perjalanan waktu 114 tahun membuktikan INI tetap bersatu, berbeda dengan organisasi profesi lainnya sehingga ini patut kita syukuri. Jika ada dinamika, perbedaan-perbedaan pendapat adalah hal yang sah di dalam satu organisasi profesi,” katanya.

Namun demikian, lanjut Pieter, satu tujuan kita adalah agar Ikatan Notaris Indonesia harus tetap kita pertahankan tidak boleh ada perpecahan di antara kita sendiri.”Untuk itu di kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun semoga ke depan INI bisa memberikan sebanyak-banyaknya bagi semua anggota,” pungkasnya.

Sementara itu Ketum PP INI Yualita Widyadhar mengungkapkan tahun lalu di sini juga kita memperingati HUT ke-113 Ikatan Notaris Indonesia sekaligus ground breaking untuk pembangunan gedung INI. Insha Allah tahun 2022 ini kita akan melakukan tender untuk pembangunan gedung INI yang akan menjadi ikon Notaris Indonesia dan kebanggaan kita semua yang bertempat di Jalan Minangkabau Timur No. 1 Jakarta Selatan.

“Memang tidak mudah perjalanan INI sampai ke 114 tahun, karena penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. Namun di tengah perjuangan dan pengorbanan pasti selalu ada hikmah untuk kebaikan INI dan alhamdulilah dalam 5 hari ini kita telah mendapatkan video ucapan dari berbagai instansi pemerintah seperti Mensesneg, KSP, Menkumham, Menteri Koperasi, Menteri Perhubungan, Gubernur Jawa Tengah dan juga instansi lainnya serta prodi-prodi yang telah bekerjasama dengan INI, maupun para ketua asosiasi sehingga hal ini menjadi sebuah penghargaan yang luar biasa bagi INI,” terangnya.

Yualita menambahkan bisa dikatakan bahwa INI sangat diakui eksistensinya oleh instansi pemerintah maupun masyarakat pada umumnya. Di setiap ulang tahun kita selalu melakukan evaluasi bagaimana program kerja kita, prestasi yang sudah kita lakukan ataupun kendala yang dihadapi tentunya dalam perjalanan organisasi ini ada catatan sejarah.

“Dalam catatan sejarah ada perjuangan, dalam perjuangan ada pengorbanan semua itu momentum yang kita miliki dengan itikad baik atas dasar untuk memajukan organisasi dan anggota Notaris di seluruh Indonesia,” katanya.

Tentunya, sambung Yualita, berbagai peristiwa yang kita lalui dalam perjalanan 114 tahun, INI tetap berdiri sebagai organisasi yang terus memperbaiki diri untuk kepentingan anggota dan masyarakat. Dan INI harus tetap menjadi rumah bagi seluruh anggotanya, tentunya di hari yang berbahagia ini marilah kita bersama-sama introspeksi diri atas kekurangan diwaktu-waktu lalu.

“Tentunya dengan bersama-sama mempunyai itikad baik untuk menjalankan amanah jabatan dengan penuh dedikasi, loyalitas, integritas dan profesionalisme. Dengan saling hormat dan cinta, INI akan jaya selamanya, dirgahayu ke 114 Ikatan Notaris Indonesia,” tutupnya.