DAERAH  

Menteri Bintang Kunjungi Ayah Tunggal Disabilitas Mengasuh Ketiga Anaknya

NTT, NUSANTARAPOS. – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengunjungi keluarga Gasper Giri (70 tahun) seorang warga Desa Oenitas di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, yang mengasuh tiga anaknya dalam kondisi mata tidak bisa melihat. Istri Gasper sendiri sudah meninggal pada akhir tahun 2021 lalu.

Menteri Bintang mengatakan bahwa sangat prihatin dengan beban yang ditanggung Gasper yang dalam kondisi fisik terbatas harus menjadi orangtua tunggal. Pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah setempat untuk mencarikan solusi terbaik. Dalam siarannya yang diterima media hari ini hari ini, Jumat (8/7/2022).

“Dengan kondisi kedua mata yang tidak bisa melihat, tentu saja berat sekali tantangan yang dihadapi oleh beliau sebagai orangtua tunggal dari ketiga anak-anaknya yang masih kecil. Kami dalam hal ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) akan mengupayakan solusi yang terbaik bagi ketiga anaknya, agar mereka mendapatkan pengasuhan terbaik dan yang jelas terpenuhi hak tumbuh kembangnya. Kondisi mereka akan kami koordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dan OPD terkait seperti Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPPA) setempat,” ujarnya.

Dikatakan Menteri Bintang bahwa dalam kasus ini, pemenuhan hak anak harus diutamakan agar anak bisa tetap mendapatkan pengasuhan terbaik dan tidak terlantar. Meskipun pihak mertua Gasper sering berkunjung untuk membantu mengasuh anak-anaknya, namun dengan kondisi mertua yang sudah lansia juga perlu mendapatkan perhatian khusus.

“Saya bersyukur anak-anak Gasper memiliki kedekatan dengan ayah mereka yang artinya mereka mendapatkan kasih sayang yang cukup untuk kesehatan mental mereka. Namun kami akan tetap bekerjasama dengan pemerintah daerah agar dilakukan assesmen sebagai dasar untuk menentukan langkah selanjutnya bagi kepentingan terbaik anak,” tegas Menteri PPPA.

Gasper memiliki 3 anak yang masing-masing berusia 6 tahun, 3 tahun dan yang bungsu baru berusia 8 bulan. Mertua Gasper ikut membiayai anak pertamanya yang sekolah PAUD. (Guffe).