Dinas Kesehatan Nabire Gelar Pelayanan Kesehatan Mobile VCT dan Skrining TBC

Nabire , Nusantarapos – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire melaksanakan kegiatan mobile VCT (Voluntary Counseling and Testing) HIV dan Skrining TBC kepada personil Polres Nabire dan Bhayangkari Cabang Nabire bertempat di Mapolres Nabire, Jumat (08/07).

Kegiatan dihadiri oleh Wakapolres Nabire Kompol Ramadhona, Kabid P2P Dinkes Nabire dr. Frans Sayori, M.Kes, Kasi Dokkes Polres Nabire dr. Marina, para PJU jajaran Polres Nabire, pers Polres Nabire dan Bhayangkari Cab. Nabire.

Wakapolres Nabire Kompol Ramadhona, dalam sambutannya mengatakan bahwa kepada kita semuanya untuk jangan takut dan khawatir, kegiatan ini dilaksanakan agar dapat mendeteksi secara dini penyakit HIV dan TBC di dalam tubuh.

“Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan personil Polres Nabire dan Bhayangkari Cabang Nabire yang berkaitan dengan penyakit HIV dan TBC serta sebagai upaya pencegahan terhadap penularan penyakit HIV dan TBC sehingga dengan cepat mendapat penanganan atau pengobatan apabila terdeteksi,” kata Wakapolres Nabire.

Ditempat yang sama Kabid P2P (Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinkes Nabire dr. Frans Sayori, M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan karena HIV dan TBC merupakan penyakit yang menular secara khusus di Nabire, sehingga menjadi fokus dari Kementrian Kesehatan serta Dinkes Provinsi Papua.

“Kami akan terus melakukan program-program seperti kegiatan ini di Kabupaten Nabire untuk dapat mendeteksi dini terutama untuk penyakit HIV dan TBC sehingga dapat dengan cepat dilakukan tindakan pengobatan apabila ada yang terdeteksi,” ungkap dr. Sayori.

Lebih lanjut dr. Sayori menyampaikanz terdapat beberapa jenis tes yang dilakukan yaitu dengan pengambilan dahak untuk memeriksa TBC dan melakukan pengambilan darah untuk pemeriksaan HIV.

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 82 personil dan Bhayangkari Cab. Nabire yang telah mengikuti pemeriksaan oleh tim dari Puskesmas Samabusa, Puskesmas Kalibobo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire.