DAERAH  

Mendapat Informasi Keberadaan Kapal Asing, Kasub Intelejen Imigrasi Biak Datangi Lokasi

Biak, Nusantarapos – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI BIAK Melakukan Pengawasan Terhadap Kapal Jenis Kapal Wisata yaitu Kapal Pinisi dengan nama lambung Damai Benoa, Kamis (14/07/2022).

Pengawasan yang dipimpin oleh Oky Syachputra selaku kepala subseksi intelijen dan penindakan keimigrasian kantor imigrasi kelas II TPI biak tersebut dilakukan setelah didapati adanya informasi sejumlah WNA menaiki kapal tersebut yang labuh jangkar di sekitaran pelabuhan ikan pasar biak.

Oky menjelaskan, “Kami mendapati laporan adanya WNA di atas kapal Damai Benoa, saya beserta anggota dari seksi intelijen dan penindakan keimigrasian kantor imigrasi kelas II TPI biak segera bergegas menggunakan speedboat kecil menuju ke tempat labuh jangkar kapal pinisi tersebut, ” jelasnya.

Setelah tim menaiki kapal didapati ada 15 orang WNA, sebagian besar dari mereka adalah warga negara Amerika serikat.

“Rombongan merupakan turis yang akan hendak melakukan penyelaman di spot-spot dimana banyak ditemukan terumbu-terumbu karang yang sangat indah di seputaran pulau biak, serta beberapa spot penyelaman dimana terdapat bangkai pesawat peninggalan perang dunia ke dua tidak jauh dari tempat kapal tersebut berlabuh jangkar, ” ungkapnya.

WNA tersebut menggunakan visa on arrival yang memang ditujukan untuk para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia selama 30 hari, dan baru tiba di Indonesia pada tanggal 12 juli 2022.

“Imigrasi biak sangat mendukung kegiatan tersebut dikarenakan efek domino dari menggeliatnya industri pariwisata. Tentu akan berdampak positif bagi roda perekonomian masyarakat biak dan sekitarnya, ” tutup Oky.