DAERAH  

Pemkab Sidoarjo Apresiasi Inovasi Layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo Masuk Top 5 KIPP Kemenpan RB

SIDOARJO, NUSANTARAPOS – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengapresiasi inovasi pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo untuk masuk dalam TOP 5 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Selasa pagi, (19/7/2022), tim penilai melakukan verifikasi dan observasi lapangan secara virtual kepada para finalis Top 15 di lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD tahun 2022. Salah satunya adalah Polresta Sidoarjo dengan layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online. Dari hasil verifikasi dan observasi lapangan tersebut Kemenpan RB akan memilih Top 5 KIPP dari Top 15.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH yang hadir dalam penilaian tersebut mengaku bangga dengan setiap perkembangan layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo.

“Selain kecepatan waktu pengurusan SKCK secara online yang hanya butuh waktu 10 menit, saat ini layanan Polresta Sidoarjo semakin berkembang dan memberikan kemudahan bagi masyarakat Sidoarjo. Bahkan dengan pertambahan jumlah kendaraan SKCK Keliling Online dari hanya satu mobil menjadi tiga mobil, diharapkan dapat melayani masyarakat di 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo dan bahkan sampai ke pelosok desa,” terang Wabup Subandi.

Dihadapan tim Panel Independen dari Kemenpan RB yang diketuai Prof Dr J.B Kristiadi, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro memaparkan perkembangan inovasi SKCK Online dan SKCK Keliling Online. Pemaparan secara virtual tersebut dilakukan di Mall Mini Pelayanan Polri (MMPP) Mapolresta Sidoarjo. Selain dihadiri Wabup H.Subandi, juga dihadiri Inovator SKCK Online dan SKCK Keliling Online Kombes Pol. Muhammad Anwar Nasir.

Pada kesempatan itu juga ditampilkan layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo di MMPP Polresta Sidoarjo yang berada di MPP Lingkar Timur dan Pasar Porong Sidoarjo. Saat itu masyarakat yang mengurus SKCK diwawancarai mengenai kemudahan pelayanan tersebut.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro menyampaikan perkembangan layanan inovasi SKCK Online dan SKCK Keliling Online selalu dilakukan berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Layanan tersebut selalu dikaji setiap Minggunya.

“Dari kritik dan saran masyarakat terhadap layanan kami, termasuk melalui IKM sehingga kami dapat terus melakukan terobosan-terobosan perbaikan layanan publik,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat agar SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo mendapatkan Top 5 KIPP Kemenpan RB. (Aryo)