BISNIS  

Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai KFC

JAKARTA,NUSANTARAPOS . – PT PLN (Persero) menggandeng PT Fastfood Indonesia Tbk atau KFC untuk memperluas bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). dihadiri Dr A.M Fachir (Komisaris Utama PT Arga Surya Energy), Sean Gelael, Harvey Tjokro (Direktur Utama PT Arga Surya Energy), Eric Leong (CEO PT Fast Food Indonesia, Tbk), Justinus D. Juwono (Direktur PT Fast Food Indonesia, Tbk), Doddy B Pangaribuan (General Manager PLN UID Jakarta Raya) oleh KFC resmi menjadi sektor ritel pertama yang menyetujui kerja samaPartnership Investor Owned Investor Operate (IO2) yang ditawarkan PLN.

Melalui kerja sama ini, KFC akan mengembangkan SPKLU di gerai KFC jalan panjang. SPKLU IO2 merupakan wujud kerja sama antara PLN dengan PT Fastfood Indonesia yang menaungi KFC, jalan panjang, serta PT Agra Surya Energy selaku mitra bisnis PT Fastfood Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, untuk bisa mengakselerasi peningkatan infrastruktur kendaraan listrik perlu kerja sama semua pihak. Dengan tersedianya infrastruktur kendaraan listrik yang memadai bisa menjawab keraguan bagi masyarakat untuk memiliki kendaraan listrik.

“Untuk itu PLN membuka peluang kerja sama dengan semua pihak. Bisnis SPKLU ini adalah bisnis masa depan yang akan terus berkembang dengan tumbuhnya kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Darmawan dalam siaran pers, kamis (11/8/2022).

PLN juga sudah menyiapkan skema bisnis SPKLU ini dengan sistem Partnership Investor Owned Investor Operate (IO2). Skema SPKLU Partnership IO2, terdiri dari tiga paket yaitu Paket Medium Charger, Paket Fast Charger, dan Paket Ultra Fast Charger.

Sebagai mitra, pihak KFC telah menyiapkan lahan, biaya investasi dan operasional SPKLU di lokasi tersebut. Sedangkan PLN sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) akan menyediakan infrastruktur SPKLU dan platform teknologi informasi melalui menu Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile.

“Melalui program ini, PLN memberikan kemudahan pelayanan kepemilikan sekaligus pengurusan perizinan kepada para mitra untuk bisa menjalankan bisnis dan meningkatkan ekosistem kendaraan listrik,” ungkap Darmawan.

CEO PT Fastfood Indonesia Eric Leong menyampaikan pihaknya sangat senang dapat menjadi mitra bisnis PLN dalam meningkatkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. KFC mengatakan menjalankan bisnis yang ramah lingkungan dan berkomitmen bahwa pelanggan bisa menikmati makanan ditambah fasilitas yang ada di KFC.

“Kerja sama ini menjadikan PT Fastfood Indonesia, Tbk sebagai perusahaan publik di bidang ritel makanan cepat saji pertama yang berkecimpung di bisnis SPKLU. Harapannya dengan semakin banyak pengguna kendaraan listrik, mereka pun bisa menggunakan fasilitas SPKLU yang tersedia di restoran,” ujar Eric.

Direktur Utama PT Agra Surya Energy Harvey Tjokro mengatakan, pihaknya juga siap menjadi mitra bisnis PT Fastfood Indonesia, Tbk dalam mengembangkan bisnis restoran yang berkelanjutan.

wartawan: Danil