EVENT  

Banteng Sansevieria Community Kembali Gelar Acara Kontes Nasional Sansevieria

JAKARTA, NUSANTARAPOS – Banteng Sansevieria Community kembali menggelar acara Kontes Nasional Sansevieria bertemakan “Sansevieria dihati, Sansevieria dinanti” di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Acara ini menjadi salah satu bagian penting dari Pameran Flora dan Fauna (Flona) kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai 26 Agustus hingga 26 September 2022.

“Setelah tiga tahun kami vakum dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini kami menjawab do’a dan harapan dari teman-teman pencinta tanaman Sansevieria yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melaksanakan Kontes Nasional Sansevieria 2022, dan tentunya tetap mengikuti prokes pemerintah” ujar Ketua Pelaksana kegiatan Kontes Nasionasl Sansevieria 2022 Muhammad Iqbal Ikhzamahe, Minggu (18/9/2022).

“Gekar acara ini tidak hanya kompetisi semata, karena sekaligus menjadi ajang temu kangen, diskusi, berbagi pengalaman dan ilmu baru terkait tanaman sansevieria,” imbuhnya.

Pelaksanaan acara Kontes Nasional Sansevieria 2022 ini mendukung tema Pameran Flona 2022. Tahun ini Pemprov DKI Jakarta mengusung tema utama Flona bertajuk “Kolaborasi.”

Tercatat, sebanyak 120 tanaman peserta kontes yang pemiliknya hadir dari berbagai kalangan, mulai dari pedagang, hobiis, kolektor, breader (penyilang atau penyilang) ataupun petani tanaman Sansevieria.

Kontes Nasional Sansevieria 2022 kali ini tidak hanya diikuti peserta dari Jabodetabek, namun berbagai komunitas pencinta Sansevieria dari berbagai daerah seperti Lembang, Jepara, Malang, Surabaya, Wonosobo, Semarang, bahkan Makassar.

Kontes tahun ini, terdapat delapan kategori kelas yang dikompetisikan yakni: Kelas Hybrid dengan kategori Small, Madya, Utama; Kelas Variegata dengan kategori Small, Madya, Utama; Kelas Pinguicula Variegata dengan kategori Small dan Madya.

Selaku dewan juri Kontes Nasional Sansevieria 2022 Sentot Pramono menuturkan, Kali ini kami menemukan fenomena yang menarik yaitu khususnya pada kelas Hybrid Small selain jumlah peserta semakin banyak, kelas ini pun menampilkan jenis-jenis Hybrid yang baru, corak dan warna yang bagus sehingga membuat persaingan sangat ketat.

“Ini menunjukkan Indonesia memiliki semakin banyak breader (penyilang atau pemulia) tanaman Sansevieria yang mampu menghasilkan jenis baru tanaman Sansevieria yang tidak kalah dari negara-negara lain,” ujarnya.

Muhammad Hatta, salah satu juri Kontes Nasional Sansevieria 2022 menambahkan, Jenis-jenis tanaman Sanseviera Hybrid baru ini tidak hanya diterima dengan positif bahkan ditunggu oleh para pencinta tanaman Sansevieria lokal dan Internasional. Dan kami para juri sangat mengapresiasi hal ini.

Pada kesempatan itu, Lien atau yang akrab disapa oma Lien selaku sesepuh komunitas menghimbau para pencinta tanaman Sansevieria untuk selalu menyebarkan informasi, mengedukasi masyarakat terkiat banyak manfaat yang diperoleh dengan berkecimpung memelihara tanaman Sansevieria.

“Manfaatnya antara lain, kesehatan dan kekayaan batin dan turut aktif mendorong perekonomian nasional karena banyak penggemar tanaman ini. Kelebihan dari tanaman Sansevieria atau lidah mertua ini sangat beragam, membuat banyak orang menggemari tanaman sansevieria. Bahkan Lembaga Antariksa Amerika NASA meneliti tanaman ini dan merilis hasilnya bahwa Sansevieria merupakan tanaman hias penyerap polutan paling efektif. Keistimewaan lain tanaman ini adalah mengeluarkan oksifen setiap saat sehingga menjadi satu-satunya tumbuhan yang aman berada di ruang tidur,” tandasnya. (Guffe).