DAERAH  

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama warga Purwakarta Tebar 250 Benih Ikan

PURWAKARTA,NUSANTARAPOS,- Ketua DPR RI Puan Maharani bersama warga Purwakarta, Jawa Barat, melakukan kegiatan tabur benih ikan di Waduk Jatiluhur. Puan pun memuji keindahan waduk yang bermanfaat sebagai penyedia irigasi, PLTA, hingga wisata tersebut.

Dirinya bersama dengan warga desa setempat, Rabu (21/9/22) beramai-ramai menabur 250 ribu benih ikan mulai ikan Nilem, Tawes, hingga wader ke waduk Jatiluhur.

Sempat berbicara dengan petani ikan setempat, Puan mengaku punya cukup banyak kenangan bersama keluarganya di Waduk Jatiluhur.

“Zaman dulu sekali pernah datang ke sini untuk piknik, duduk gelar tikar dan bawa makanan dengan Bapak dan Ibu. Sekarang mungkin kali ketiga atau keempat saya ke sini, senang karena banyak berubah dan jadi tempat wisata yang keren,” kata Puan.

Engkom Komariyah, salah seorang warga setempat yang kesehariannya bekerja mengolah daging ikan Belida menjadi abon yang merupakan oleh-oleh khas Jatiluhur menyatakan rasa gembiranya bisa bertemu dengan Puan.

“Semoga Jatiluhur tetap bersih dan banyak ikannya. Saya senang sekali dikunjungi Bu Puan,” ucap Engkom.

Usai menebar benih ikan, Puan kemudian berdialog dengan petani ikan dan karyawan Perum Jasa Tirta II. Ia juga mendapat aspirasi dari pelaku UMKM abon ikan.

“Saya berharap bisa mendapat bantuan oven dan spinner untuk ngeringin suwiran daging ikan,” harap salah satu pelaku UMKM, Nurhayati.

“Oke nanti saya akan kasih mesin-mesin produksinya. Dan kalau bisa, abon ikan Jatiluhur diberi label dan brand atau merk di kemasannya supaya lebih dikenal,” timpal Puan.

Kemudian perwakilan Kelompok Nelayan, Acit menyampaikan aspirasi untuk mendapatkan bantuan jaring ikan. Puan pun berjanji akan memenuhi harapan Acit dan kawan-kawannya.

“Semoga Waduk Jatiluhur bisa bermanfaat, sejak 1956 sampai sekarang jadi makin baik dan airnya bermanfaat untuk area Jawa Barat dan sekitarnya,” ungkap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Mantan Menko PMK ini juga mengatakan, Indonesia harus mengembangkan teknik dan teknologi perikanan. Menurut Puan, hal itu untuk memaksimalkan budidaya ikan sebagai bagian dari pencapaian kedaultan pangan.

“Sebagai Ketua DPR RI, saya akan memperjuangkan aspirasi Bapak/Ibu petani ikan di komisi terkait,” ujarnya.

Puan juga memastikan DPR terus melakukan fungsi pengawasan atas pengendalian jumlah keramba di Waduk Jatiluhur. Tak hanya itu, infrastruktur pariwisata di Waduk Jatiluhur pun dinilai harus lebih ditingkatkan.

Di akhir acara, Puan mengingatkan agar masyarakat Purwakarta terus bergotong royong membangun Indonesia. (EDTR)