Banner Iklan Sariksa
TMMD  

Dukung program TMMD 115, Dinas P3AKB Bojonegoro gelar Pelayanan KB Gratis

BOJONEGORO, –     Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 115 tahun 2022, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Non MKJP di Polindes Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, Selasa (18/10/2022).

Kepala Dinas P3AKB Kabupeten Bojonegoro, Heru Sugiarto, S.E.,M.M., menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan KB MKJP dilaksanakan di tiga titik yaitu di Puskesmas Kecamatan Kasiman, di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sekaran dan di Polindes Dusun Ngantru, Desa Sekaran. “Kegiatan dilaksanakan untuk mendukung program TMMD 115 tahun 2022, dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa sebelumnya, Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro juga melaksanakan imbauan-imbauan melalui pemasangan 25 umbul-umbul Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang program KB, Sosialisasi capaian program Bangga Kencana dan PPPA dengan sasaran kader IMP, Satgas PPPA dan masyarakat.

“Untuk hari ini, dalam pelayanan KB MKJP gratis ini direncanakan ada 47 Akseptor Implant dan IUD. Sedangkan pada 25 Oktober 2022 yang akan datang kami juga akan menyelenggarakan Pembinaan Ketahanan Remaja dengan sasaran 100 orang remaja masyarakat Desa Sekaran,” ungkap Heru Sugiarto, SE., MM.

Dilokasi kegiatan, Komandan SSK Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Inf Hadriyas Susantyo Pamungkas, menyampaikan apresiasi atas antusiasme warga masyarakat Desa Sekaran yang ikut pada kegiatan yang dilaksanakan secara gratis tersebut. “Semoga, dengan adanya kegiatan pelayanan KB gratis ini dapat memicu target kesertaan ber- KB khususnya KB MKJP dalam rangka mendukung keberhasilan program pengendalian penduduk dan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana,” pungkasnya.

Adapun hasil dari kegiatan pelayanan KB Gratis ini, ada sebanyak 49 akseptor terlayani dengan rincian Implant 21 orang akseptor, IUD 9 orang akseptor, suntik 15 orang akseptor dan Pil 4 orang akseptor.