Pemenuhan Gizi yang Baik Bagi Ibu Hamil dan Batita Upaya Cegah Stunting

BREBES,NUSANTARAPOS, – Hj. Nur Nadhlifah S.Ag., M.M., anggota komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana mengadakan Promosi & KIE Program Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Dalam sambutannya, Hj Nur Ndhlifah,S.Ag.,M.M., Kamis (13/10/22) mengatakan pihaknya bersama dengan BKKBN pusat ini memang sengaja mengadakan sosialisasi agar warga Kecamatan Losari benar-benar mengerti mengenai permasalahan stunting. “Karena masih banyak yang belum mengerti arti dari stunting ini, maka kami memberikan sosialisasi kepada warga Kecamatan Losari,” katanya.

Lebih lanjut Mbak Nad sapaannya mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan stunting ini diperlukan kerjasama baik antara pemerintah, anggota DPR, DPRD serta BKKBN bersama dengan warga. “Tentu untuk menyinkronkan ini tidak lah mudah. Maka dari itu perlu adanya pendekatan secara kontinue antara pemerintah dengan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Suwarno SH, MM (Ketua Tim Pokja Latbang Perwakilan BKKBN Jateng) mengatakan, penyebab dari stunting ini tak lain adalah dari pemenuhan gizi baik kepada ibu hamil dan anak-anak batita serta kurangnya persiapan pernikahan terutama pada pernikahan dini. “Pernikahan dini ini juga sangat berpengaruh kepada bayi yang nanti akan dilahirkannya karena selama mengandung ibu harus cukup dalam pemenuhan gizi yang baik untuk perkembangan janinnya,” terangnya.

Seperti yang menjadi program pemerintah pusat dalam penanganan masalah stunting ini, dengan adanya sosialisasi yang diberikan akan dapat sebagai pelajaran serta pengetahuan para peserta sehingga dapat melaksanakan dalam kehidupan keluarga.(ARSO)