TMMD  

Tak Hanya Layani Anggota, Tim Keslap Satgas TMMD 115 Kodim Bojonegoro juga berikan Layanan Kesehatan Warga

BOJONEGORO, –    Kegiatan program terpadu dan lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 115 Kodim 0813 Bojonegoro yang dipusatkan di Dusun Ngantru, Desa Sekaran Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, sudah berjalan 13 hari sejak dibuka oleh Bupati Anna Mu’awanah, pada 11 Oktober 2022 yang lalu.

Tentu membuat kondisi kesehatan para personel Satuan Tugas (Satgas) TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, mengalami ganguan dikarenakan adanya perubahan cuaca. Sehingga, hal inilah yang dilakukan anggota Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) dari Poliklinik Kesehatan (Polkes) 05.09.14 Kodim 0813 Bojonegoro yang tergabung dalam Satgas TMMD 113 Kodim 0813 Bojonegoro secara rutin memeriksa kondisi kesehatan anggota Satgas TMMD.

“Tidak hanya kepada personel Satgas TMMD maupun warga masyarakat sekitar, siapapun diperbolehkan berobat. Terlebih, untuk anggota Satgas itu sendiri,” ungkap salah satu tim Keslap Kodim 0813 Bojonegoro, Koptu Iswahyudi, Minggu (23/10/2022).

Bahkan, tim Keslap Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro ini siaga 24 jam. Secara berkala, melakukan pemeriksaan tensi darah terhadap anggota Satgas baik yang tidak ada keluhan maupun yang ada keluhan, hingga pemberian obat dan vitamin.

Ditambahkan oleh Koptu Iswahyudi, bahwa dengan kondisi cuaca yang tak menentu atau ekstrem saat ini, panas menyengat bila siang hari dan dingin di malam hari membuat daya tahan tubuh lemah serta rentan terhadap penyakit.

“Tim Keslap Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro selalu siap sedia melayani anggota Satgas maupun warga. Hal ini sudah menjadi tugas kami memastikan kondisi kesehatan personel Satgas dan warga baik yang ikut bekerja maupun warga disekitar lokasi TMMD tetap selalu dalam kondisi prima. Sehingga, bisa beraktifitas dengan baik dan nyaman,” kata Koptu Iswahyudi.

Dari pantauan, tim Keslap Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro melakukan pemeriksaan mulai dari tensi darah, keluhan yang dirasakan oleh anggota Satgas maupun mendatangi warga dari rumah ke rumah, hingga pemberian obat.

Mbah Warti (60), salah satu warga Dusun Ngantru RT.005/RW.003, merasa bersyukur dengan berlangsungnya kegiatan program TMMD di dusunya. Pasalnya, banyak pembangunan baik fisik maupun non fisik dilakukan program tersebut seperti pelayanan kesehatan ini. “Alhamdulilah, TMMD ini tidak hanya membangun sarana prasarana umum tetapi juga ikut menjaga kesehatan warga. Sekali lagi terima kasih pak atas layanan kesehatan ini,” tuturnya.

Ungkapan terima kasih, dan apresiasi juga datang dari Kepala Dusun Ngantru, Darwanto, yang turut mendampingi tim Keslap Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro berkunjung ke rumah warga yang mengajukan keluhan atas kondisi kesehatanya. “Apresiasi untuk anggota tim kesehatan Satgas TMMD, ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian bagi warga sekitar yang membutuhkan bantuan. Sekali lagi kami atas nama warga, mengucapkan terima kasih atas pelayanan kesehatan ini,” pungkasnya.