PEMILU  

Jelang Pemilu 2024, Plt Bupati Bogor : Panwascam Punya Tanggung Jawab Berat

Cibinong, Nusantarapos – Pesta Demokrasi pada 2024 akan menjadi tahun politik besar-besaran di Indonesia. Pada tahun tersebut, pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) bakal digelar serentak.

Seperti halnya yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor fokus dengan demi menciptakan kesuksesan pesta demokrasi di Kabupaten Bogor. Salah satunya melalui pelantikan dan pengambilan/ sumpah janji anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bogor pada Pemilu 2024.

Untuk diketahui, bahwa tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 resmi dimulai pada 14 Juni 2022 nanti. Sementara untuk pemungutan suara Pemilu serentak untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Sedangkan Pemilihan serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati, akan diselenggarakan 27 November 2024.

Disela-sela menghadiri acara pelantikan Panwascam di Cibinong, Jum’at (28/10) Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebutkan bahwa Panwaslu Kecamatan atau biasa disebut Panwascam mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang cukup berat untuk mengawal pelaksanaan pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas.

Kabupaten Bogor merupakan lokus penyelenggaraan Pemilu/pemilihan kolosal terbesar se- Indonesia, dengan 15.000 TPS yang tersebar di 40 kecamatan, 416 desa dan 19 kelurahan serta potensi pemilih sebesar 4.113.274 orang pada 2024 nanti.

“Untuk itu, momentum tahapan pemilu harus disikapi dengan kesiapan semua elemen yang terlibat. Saya minta kepada seluruh Panwaslu Kecamatan yang dilantik, sumpah dan janji itu dipegang teguh, dan kami pemerintah siap untuk bekerjasama dan mendukung apapun yang memang sesuai laporan Bawaslu dan Panwascam,” jelasnya.

Dirinya juga siap berkolaborasi, berkoordinasi dan komunikasi, jangan sungkan tidak boleh ada keragu-raguan karena kami sudah berkomitmen kabupaten dan kecamatan harus mendukung apapun kebijakan dari Bawaslu Kabupaten Bogor ataupun Panwascam di Kabupaten Bogor. “Mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu Serentak tahun 2024, bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” ujarnya. (Rizky)