Sosialisasi Penurunan Stunting Salah Satu Cara Beri Pengetahuan

SUKOHARJO,NUSANTARAPOS,- Antusias warga Toriyo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo dalam mengikuti acara sosialisasi percepatan penurunan stunting oleh Anggota DPR RI Komisi IX, Rahmad Handoyo berkolaborasi dengan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini patut diacungi jempol. Pasalnya kursi yang tersedia sekita 200 kursi sudah penuh.

Hal ini merupakan betapa pentingnya sosialisasi kepada masyarakat Toriyo pada khususnya meskipun di Jawa Tengah ini, untuk kasusu angka stunting menurun.

Rahmad Handoyo, dalam sambutannya, Sabtu (29/10/22) mengatakan di Indonesia angka stunting masih menduduki tingkat ke dua se Asia. Hal ini tentunya perlu segera ditekan sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah pusat untuk mencapai 14 persen angka stunting dapat terealisasi dengan baik.

“Negara kita untuk angka stunting masih di urutan ke dua se Asia. Tentu saja kita bersama dengan BKKBN terus berupaya mensosialisasikan kepada warga agar mereka paham dan mengerti mengenai bahaya stunting sehingga ke depan harapannya stunting sudah tidak ada lagi di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Rahmad Handoyo, sebagai anggota Komisi IX di DPR RI tentu merupakan tugasnya. Namun, untuk penyelesaian permasalahan stunting tidak dapat dikerjakan sendiri melainkan perlu dukungan bersama-sama.

Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam mengentaskan angka stunting ini, sehingga perlu pelibatan berbagai pihak dan secara bersama-sama gotong royong agar persiapan di tahun 20224 untuk menjadi negara ekonomi yang kuat dapat benar-benar siap dan terwujud,” pungkasnya.

Sementara itu, Wahidah S.Sos selaku Direktur Advokasi dan Hubungan antar Lembaga BKKBN Pusat mengatakan bahwa kasus stunting dapat dicegah dengan berbagai cara seperti menekan angka pernikahan di usia dini, pendampingan keluarga pra nikah terutama generasi muda, adanya sanitasi, ekonomi yang kuat serta pemberian gizi kepada ibu hamil dan bayi selama kurang lebih 1000 hari dari ibu mengandung hingga lahir.(ARSO)