Atasi Stunting Perlu Keseriusan TPK dan Warga

GROBOGAN,NUSANTARAPOS,- Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Tentu saja hal ini menjadi permasalahan bagi bangsa Indonesia utnuk segera diselesaikan dengan sebaik-baiknya, karena stunting ini merupakan permasalahan yang krusial bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, dalam upaya pencegahan serta menangani permasalahan stunting ini, anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto bekerjasama dengan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat mengadadakn promosi dan KIE Program percepatan penurunan stunting yang salah satunya dialokasikan di Desa Ngabenrejo, Kabupaten Grobogan, Senin (24/10/22).

Dalam sambutannya, Edy Wuryanto memberikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada warga Desa Ngabenrejo yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara sosialisasi pencegahan dan penurunan stunting ini.

Harapannya, dengan adanya sosialisasi ini, warga desa dapat mengetahui bagaimana penyebab serta cara mengatasi permasalahan stunting terutama bagi keluarganya. “tentu saja harapan saya warga dapat mengikuti acara ini dengan baik serta dapat menerima ilmu yang telah diberikan agar dapat berguna terutama bagi keluarganya sendiri dan juga orang lain,” kata Edy kepada wartawan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk mempercepat penurunan stunting ini diperlukan kesungguhan yang serius serta ketekatan TPK (Tim Pendamping Keluarga) dalam mendampingi ibu hamil serta calon pasangan muda sehingga mereka benar-benar siap untuk menekan masalah stunting sehingga harapan pemerintah di tahun 2024 untuk penurunan angka stunting di angka 14 persen benar-benar dapat terwujud. (ARSO)