WISATA  

Ini Dia Jajanan Khas Trenggalek yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Berkunjung ke Kabupaten Trenggalek rasanya tak afdol tanpa mampir ke pusat oleh-oleh yang bertempat di sepanjang pinggir jalan Dukuh Kranding Desa Bendorejo dan di sepanjang jalan Yos Sudarso Kelurahan Ngantru.

Kabupaten yang dikenal dengan destinasi wisata pantai hingga goa yang indah dan memanjakan mata tersebut memiliki beragam ciri khas. Mulai dari kuliner lezat yang mampu menggoyang lidah hingga jajanan khas seperti alen-alen dan tempe kripik.

Dengan antusiasme pengunjung destinasi wisata yang sering mampir ke pusat oleh-oleh tersebut, Sri Muamanah (52) salah satu penjual oleh-oleh ini betah berjualan selama 12 tahun hingga sekarang.

Menurut Bu Sri biasa disapa pengunjung, mengaku perkembangan oleh-oleh khas Trenggalek ini meningkat tajam. Hal itu dengan banyaknya pengunjung luar daerah yang mampir mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

“Biasanya para pengunjung mampir berbelanja setelah usai berwisata di pantai yang ada di Trenggalek dan lokasi wisata lainnya,” kata Bu Sri, Kamis (3/11/2022).

Disampaikan Sri, para pengunjung yang mampir semua dari luar daerah, seperti dari sidoarjo, nganjuk, madiun bahkan dari surabaya. Mereka mampir satu keluarga dengan mobil pribadi bahkan banyak juga travel yang juga membawa pengunjung untuk diajak mampir.

Sedangkan yang biasa di beli untuk oleh-oleh para pengunjung wisata kebanyakan alen-alen, manco dan tempe kripik. Meskipun ada juga yang membeli jajanan geti, sale pisang dan jajanan ringan lainnya.

“Untuk harga alen-alen dan tempe kripik sendiri cenderung stabil, karena juga sering Dinas terkait berkunjung untuk pengecekan harga,” kata ibu dua anak tersebut.

Bu Sri yang berdomisili di Dukuh Kranding Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan ini juga mengaku menekuni usaha tersebut karena semakin hari penjualan semakin meningkat. Diiringi banyaknya para pengunjung wisata yang datang ke Trenggalek.

Seperti adanya campur tangan dari pemerintah yang sangat membantu terkait promosi. Misal ada sopir travel yang sudah bekerjasama dengan pemerintah pasti mempromosikan oleh-oleh khas Trenggalek kepada wisatawan.

Sementara di lain tempat, Mamik Sumarni salah satu wisatawan asal Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik mengatakan bahwa dirinya berbelanja oleh-oleh khas Trenggalek ini usai berwisata ke pantai prigi, pasir putih dan goa lowo.

“Saya satu keluarga usai berwisata, mampir ke tempat ini ingin membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang,” tuturnya.

Mamik juga menerangkan bahwa dirinya sering berwisata ke Trenggalek dan pasti mampir untuk membeli oleh-oleh tempe kripik dan alen-alen untuk sanak famili dan tetangga. Karena dirinya telah sering membeli jajanan ringan tersebut karena menyukai cita rasa serta gurihnya jajajan khas Trenggalek.

Tidak hanya itu, dirinya dan keluarga juga sempat berkuliner di lokasi wisata. Terutama membeli ikan bakar serta makanan ringan lainnya. Namun karena suka dengan jajanan khas Trenggalek, dirinya mengaku pasti mampir ke pusat oleh-oleh mesti hanya sekedar lewat di Trenggalek.

“Pasti, jika usai berwisata ke Trenggalek kami tidak lupa berbelanja oleh-oleh jajanan ringan hingga sedang,” pungkasnya. (Rudi)