TMMD  

Kasdam V Brawijaya tinjau Hasil Pembangunan Fisik TMMD 115 Kodim Bojonegoro

BOJONEGORO, – Kepala Staf Kodam (Kasdam) V Brawijaya, Brigjen TNI Piek Budyakto, bersama para Pejabat Utama (PJU) Kodam V Brawijaya, dan Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf Unang Sudargo, meninjau hasil pembangunan program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 115 di Dusun Ngantru, Desa Sekaran Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, Rabu (9/11/2022).

Dalam peninjauannya, Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Piek Budyakto, didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bojonegoro, Forkopimcam Kasiman, serta Kepala Desa dan Perangkat Desa Sekaran.

Dari pantauan, rombongan menyusuri satu persatu menuju hasil pengerjaan program terpadu dan lintas sektoral yang dinahkodai oleh Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Setelah meninjau hasil TMMD, Kasdam V Brawijaya, Brigjen TNI Piek Budyakto, juga menemui warga masyarakat Dusun Ngantru, Desa Sekaran. Mereka mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas kerja keras jajaran TNI untuk turut membantu kehidupan di desa.

“Saya mewakili warga Ngantru Sekaran, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten dan Kodim 0813 Bojonegoro beserta jajarannya, dengan adanya pembaungan melalui kegiatan TMMD. Tentunya sangat bermanfaat dan berdampak langsung bagi kami,” kata Darwanto, yang juga Kepala Dusun Ngantru.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdam V Brawijaya berpesan kepada masyarakat untuk ikut campur tangan dalam merawat dan menjaga hasil pembangunan program TMMD tersebut. Hal ini sebagai bentuk menghargai kepada antar masyarakat juga kepada pemerintah daerah.

“Tentunya hasil pembangunan infrastruktur pada program TMMD ini harus dirawat bersama-sama,” kata Kasdam V Brawijaya, Brigjen TNI Piek Budyakto.

Sebelumnya, program TMMD ke- 115 Kodim 0813 Bojonegoro tersebut dimulai sejak 11 Oktober 2022 yang lalu. Program TMMD tersebut menargetkan sasaran non fisik dan fisik. Dalam pembangunan fisik, Kodim 0813 Bojonegoro menargetkan pembangunan jembatan kali ungkal bervolume 4,8×6 meter, pembangunan bronjong Desa Sekaran-Desa Hargomulyo sepanjang 20×3,5 meter, pembangunan 2 toilet SDN Sekaran II dan III, pembangunan TPT di RT.008/RW.003, dan pembangunan 2 drainase di RT.003/RW.003 dan di RT.005/RW.003 Dusun Ngantru, Desa Sekaran.

Sementara sasaran non fisik kegiatan program TMMD 115 Kodim 0813 bojonegoro diantaranya yakni melakukan penyuluhan kepada warga sekitar seperti penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, pelayanan administrasi kependudukan, penyuluhan narkoba, penyuluhan kebencanaan dan lainnya.