BISNIS  

Universitas Wijaya Putra Bermitra dengan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Program PPM

SURABAYA,NUSANTARAPOS,-Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya kembali bermitra dengan pelaku usaha mikro dan kecil pada program PPM atau Pemberdayaan Pada Masyarakat. Kali ini, mitra yang terlibat adalah usahawan muda yang memiliki produk berupa puding buah dari Driyorejo Kabupaten Gresik. Trisa Indrawati, SE., MM., ketua tim pelaksana program PPM menyebut jika pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli dan Agustus 2022. “Bersama dengan Iful Novianto, SH., MM. dan 2 orang mahasiswa, kegiatan PPM ini didanai dan didukung oleh Universitas Wijaya Putra, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta LPPM UWP” ujarnya, Kamis (7/9).

Adapun, lanjut Trisa, mitra yang biasa dipanggil dengan Ivi ini telah mendapatkan beberapa kemanfaatan dalam rangka mengembangkan bisnisnya. Di antaranya pengadaan tempat penyimpanan bahan baku dan produk (puding buah) yang berupa show case cooler. “Dengan adanya show case cooler, mitra dapat memanfaatkannya untuk penyimpanan bahan baku dan puding siap jual. Karena jika disimpan di lemari es rumah, puding dapat tercampur bahan makanan lain atau bumbu-bumbu yang memiliki bau tajam, sehingga seringkali berubah bau atau aroma. Selain itu, mitra juga mendapat pelatihan dan pendampingan dalam melakukan proses produksi yang lebih higienis dan aman dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai. Mitra juga diberi pemahaman tentang pentingnya pencatatan keuangan yang tepat dan sesuai kebutuhan” tambahnya.

Produk mitra yang berupa puding buah menggunakan bahan baku yang berasal dari aneka buah, seperti stroberi, kiwi, jeruk dan lain sebagainya, tentunya kue rumahan yang berupa puding buah yang mitra jual memiliki kandungan gizi tinggi dan baik bagi kesehatan pembeli atau konsumennya. Misal pada buah stroberi, dikenal sebagai buah rendah kalori tersebut kaya dengan zat pigmen warna antosianin dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Pada beberapa penelitian yang sudah dilakukan, buah stroberi juga diketahui sebagai buah sumber vitamin C, dan memiliki banyak kandungan serat, folat, potassium, serta asam ellagic. (RILIS)