DAERAH  

Abmas Dosen UWP beserta Mahasiswa kepada Kelompok Ibu PKK Laksanakan Pengabdian Masyarakat

SURABAYA,NUSANTARAPOS,-Iful Novianto dan Hendrik Rizqiawan merupakan dosen Universitas Wijaya Putra Surabaya (UWP) beserta 2 mahasiswa yang bernama Vendy Maulana dan Ari Saputro pada bulan Juni hingga Agustus 2022 lalu telah melaksanakan pengabdian masyarakat kepada salah satu kelompok Ibu PKK yang berada di Kelurahan Jambangan Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. “Mitra dalam program pengabdian masyarakat ini adalah sebuah kelompok yang terdiri dari ibu-ibu PKK yang berdomisili di RT 02 RW 02 Kelurahan Jambangan Kota Surabaya. Kelompok tersebut berperan sebagai pengurus PKK bidang lingkungan. Salah tugas rutin mereka adalah melakukan pengelolaan bank sampah. Namun dalam berjalannya pengelolaan bank sampah ada beberapa kendala dan permasalahan yang mereka hadapi.” Iful Novianto menjelaskan. “Tentunya program yang kami jalankan dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan agar kendala dan permasalahan tersebut dapat mendapat solusi, diantaranya adalah melakukan perbaikan komposter aerob mitra yang di beberapa bagian sudah rusak yang menimbulkan aroma tidak sedap (polusi udara) dan mengganggu warga sekitar. Disamping itu, kita juga melakukan pengecatan agar komposter terlihat lebih cantik dan indah dipandang mata” imbuhnya.

Selain melakukan perbaikan dan pengecatan komposter aerob, Iful Novianto dan tim juga mendampingi mitra dalam menyusun standard operating procedure (SOP) yang tertulis terkait pengelolaan bank sampah. Dengan adanya SOP pengelolaan bank sampah yang tertulis, mitra dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengelolaan bank sampah. Kemudian, tim turut memberikan sosialisasi terkait pencatatan saldo bank sampah secara digital (menggunakan spreadsheet) untuk meminimalisasi kesalahan pencatatan dan juga berfungsi sebagai transparansi saldo bank sampah. Di akhir agenda pendampingan, tim menghibahkan bakteri fermentasi dan bahan organik tanah (EM4) serta alat-alat pertanian dan kebersihan dengan harapan dapat membantu mitra dalam menjalankan program-program lingkungannya.

Pengabdian masyarakat tahun ini dapat dilaksanakan berkat program hibah internal yang diselenggarakan oleh Universitas Wijaya Putra Surabaya. “Tentunya kami mengucapkan terima kasih atas segala bantuan finansial dan support yang diberikan oleh Universitas Wijaya Putra Surabaya, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UWP, sehingga kami dapat menjalankan pengabdian masyarakat ini sesuai dengan apa yang kami rencanakan.,” tambah Iful Novianto.(AGUS)