DAERAH  

Dosen UWP Surabaya Memberikan Pelatihan dan Pendampingan Kepada Pelaku Usaha Susu Kedelai Banyu Urip

SURABAYA,NUSANTARAPOS,- 2 orang dosen Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya  yaitu Hendrik Rizqiawan, SE., MM dan Trisa Indrawati, SE., MM. bersama 2 orang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UWP memberikan pelatihan dan pendampingan usaha kepada pelaku usaha susu kedelai di Banyu Urip Kota Surabaya yang bernama Ibu Suryani. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan yang merupakan program dari pengabdian pada masyarakat (PPM) ini diselenggarakan mulai bulan Juni hingga Agustus tahun ini.

Adapun program yang telah dijalankan pada program pemberdayaan masyarakat ini antara lain: 1) Pengadaan peralatan produksi minuman susu kedelai yang lebih modern dan efektif yang berupa mesin susu kedelai otomatis (soy milk automatic), serta pendampingan cara penggunaan dan perawatannya; 2) Pengadaan perlengkapan higienitas produksi pangan yang sesuai dan lebih layak seperti celemek, hair cap, masker dan sarung tangan, serta pendampingan cara penggunaan dan perawatan perlengkapan tersebut;  3) Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media sosial khususnya Instagram dalam melakukan pemasaran dengan memanfaatkan fitur promosi berbayar; dan 4) Pengadaan banner sebagai salah satu media promosi usaha mitra.

Mitra merasa terkesan dan berterima kasih atas pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan. Terlebih dengan adanya hibah mesin susu kedelai otomatis (soy milk automatic), produksi susu kedelai yang mitra lakukan lebih efisien secara waktu yang dibutuhkan, juga terjadi peningkatan produktivitas produksi serta kualitas susu kedelai. “Alhamdulillah, jika sebelumnya dengan 1 kilogram kedelai, saya menghasilkan 40 botol susu kedelai, dengan adanya mesin susu kedelai otomatis ini bisa menghasilkan hingga menjadi 50 botol susu kedelai. Saya juga tidak capek-capek lagi memeras dan menyaring susu kedelainya” Ujar Suryani (3/9). (AGUS)